Rusyani, Syahwono (2021) Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Keluarga Pada Anak di Desa Clumprit RT VI Pekalongan Utara. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.
|
Text
2021114284_Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2021114284_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2021114284_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Keluarga adalah lingkungan pertama dan utama yang memiliki peran cukup besar dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Hal terpenting sebagian orang tua adalah bagaimana peranan orang tua dalam proses pendidikan keluarga pada anak. Apalagi di era modern seperti ini, peranan orang tua menentukan masa depan anak agar menjadi generasi yang maju dan tidak tertinggal. Dalam melaksanakan proses pendidikan keluarga diperlukan sebuah rencana yang berupa peran orang tua dalam pendidikan keluarga yang dapat diterapkan dalam kehidupan berkeluarga. Dalam hal ini, pendidikan keluarga juga berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi pendidikan pada anak. Namun yang disayangkan, masih ada anak yang tidak tuntas dalam menempuh pendidikan minimal sembilan tahun atau sampai jenjang sekolah menengah pertama, hal ini dikarnakan peran orang tua yang kurang maksimal dalam memberikan pendidikan baik itu pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana peranan orang tua dalam pendidikan keluarga pada anak di Desa Clumprit RT VI Pekalongan Utara ?.2. Apa saja factor pendukung dan penghambat dalam pendidikan pada anak di Desa Clumprit RT VI Pekalongan Utara ?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan peranan keluarga dalam pendidikan keluarga pada anak di Desa Clumprit RT VI Pekalongan Utara. 2. Untuk mendeskripsikan factor pendukung dan factor penghambat dalam pendidikan pada anak di Desa Clumprit RT VI Pekalongan Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data, penulis menggunakan model milles dan huberman, dengan tahapan reduksi data, model data (display data) dan penarikan atau verifikasi kesimpulan
| Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Peranan Orang Tua,Pendidikan keluarga Pada Ana | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 02:55 | ||||||||
| Last Modified: | 24 Dec 2025 02:55 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
