Salabilla, Qotrunnada (2020) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Bullying di MTs Negeri 1 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, http://iainpekalongan.ac.id/.
Text
BAB I-V.pdf Download (4MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Bullying merupakan perilaku sosial yang berdampak sangat signifikan bagi kehidupan seseorang yang dibully baik fisiknya maupun mentalnya. Bullying di zaman sekarang ini sudah tidak asing lagi bahkan sering terjadi di kalangan masyarakat terutama di dalam dunia pendidikan. Sangat disayangkan di dunia pendidikan yang diajarkan sopan santun dengan budi pekerti yang baik sesuai dengan ajaran agama Islam tetapi masih banyak terjadi saling membully antar siswa. Dengan adanya nilai-nilai pendidikan agama Islam yaitu nilai akidah, syariah dan nilai akhlak di harapkan mampu meminimalisir dan menghilangkan adanya pembullyian antar siswa di dalam dunia pendidikan maupun masyarakat dengan menerapkan nilai-nilai tersebut maka akan terbentuk perilaku yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk bullying yang terjadi di MTs Negeri 1 Pekalongan?, bagaimana strategi Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying di MTs Negeri 1 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengindentifikasikan berbagai bentuk perilaku bullying yang terjadi di MTs Negeri 1 Pekalongan, untuk mendeskripsikan strategi Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying di MTs Negeri 1 Pekalongan. Kegunaan penelitian ini yaitu meliputi kegunaan teoritis dan kegunaan praktis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan penelitian kualitatif yaitu yang menghasilkan data deskripsi dengan kata-kata tertulis. Tempat penelitian ini yaitu di MTs Negeri 1 Pekalongan, waktu pelaksanaan penelitian terhitung dari bulan Oktober sampai Desember. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer meliputi guru rumpun mata pelajaran PAI dan siswa siswi MTs Negeri 1 Pekalongan, data sekunder penelitian ini meliputi kepala madrasah, waka kesiswaan, guru BK MTs Negeri 1 Pekalongan serta buku dan dokumen yang berkaitan dengan Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa bullying yang terjadi di MTs Negeri 1 Pekalongan tidak termasuk dalam kategori bullying berat. Beberapa bullying yang pernah terjadi di MTs Negeri 1 Pekalongan yaitu pemalakan, mendorong, pengancaman, memanggil dengan sebutan lain, menggosipi, melihat dengan sinis, mendiamkan. Strategi Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam yang digunakan guru PAI dalam mengatasi perilaku bullying yaitu menggunakan strategi keteladanan, strategi pembiasaan, strategi pemberian nasihat, strategi pemberian janji dan ancaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Bullying | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nurul Izzah | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 04:17 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 04:17 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1723 |
Actions (login required)
View Item |