Penerapan Kegiatan Belajar Khitobah dalam Memupuk Mental Tangguh Santr di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Hadirul Ulum Desa Tasikrejo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang

Khasanah, Diana Asyarotun (2020) Penerapan Kegiatan Belajar Khitobah dalam Memupuk Mental Tangguh Santr di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Hadirul Ulum Desa Tasikrejo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Khitobah merupakan kegiatan berpidato atau berbicara didepan umum dengan tujuan tertentu. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Hadirul Ulum dengan dua sistem, pelatihan dan lomba. Pelatihan pidato biasa disebut oleh para santri Pondok Pesantren Hadirul Ulum dengan sebutan Kegiatan Belajar Khhitobah. Kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya untuk melatih dan mematangkan persiapan santri sebelum tampil dalam lomba khitobah saja, akan tetapi nilai-nilai yang disisipkan dalam kegiatan ini mengandung banyak sekali unsur-unsur yang dapat menumbuhkan mental tangguh santri, tidak sebatas percaya diri dan berani berbicara didepan umum saja, tetapi juga penerapan sikap-sikap positif seperti disiplin, bertanggung jawab, dan mau bereksplorasi. Kemudian dari latar belakang ini akan ditarik dua rumusan masalah yang akan dijelaskan dibawah ini. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Kegiatan Belajar Khitobah dalam Memupuk Mental Tangguh Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Hadirul Ulum Desa Tasikrejo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang?. 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat Penerapan Kegiatan Belajar Khitobah dalam Memupuk Mental Tangguh Santr di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Hadirul Ulum Desa Tasikrejo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan program belajar khitobah dalam memupuk mental tangguh santri dan mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau fielf research. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan kyai, ustadz, pengurus dan santri. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen pondok pesantren, seperti profil lembaga, jurnal mengajar, dan sebagainya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara yang kemudian akan dibuktikan dengan observasi dan diperkuat dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Waktu dan tempat penelitain adalah dari bulan agustus 2020 hingga selesai berlokasi di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Hadirul Ulum Desa Tasikrejo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan belajar khitobah mempunyai peran yang cukup penting dalam memupuk mental tangguh santri. Adapun kategori mental tangguh dalam cakupan ini tidak hanya mengenai keberanian serta tingginya rasa percaya diri saja, akan tetapi juga mengenai bagaimana mental tangguh tersebut diwujudkan dalam nilai serta sikap-sikap positif dalam keseharian setiap santri seperti pantang menyerah, disiplin, bertanggung jawab dan sebagainya. Selain itu hasil penelitian ini juga menemukan beberapa faktor pendukung serta penghambatnya baik yang bersifat intern maupun ekstern.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Khitobah, Mental Tangguh, Pondok Pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 30 Jun 2021 09:14
Last Modified: 30 Jun 2021 09:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item