Fiqoh, Azmul (2017) Pembelajaran akidah akhlak dalammembentukkarakter religius siswa kelas v di MI NU Busthanutholibin Cerih Jatinegara Tegal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
pembelajaranakidahakhlakdewasainimasihdihadapkanpadasejumlahpermasalahan, antara lain pendekatanpembelajaranakidahakhlak yang cenderungmasihbersifatnormatifdanteoretissehinggakurangmenyentuhpadakehidupansehari-hari (konstektual), rendahnyakreatifitas guru untukpengajarankurikulumdalampenggunaanmetodepembelajaran yang dipakaisehingga proses pembelajarancenderungmonotondanmebosankanbagisiswa, saranadanprasaranapendidikan agama Islam yang kurangmendukung, peranan orang tua yang kurangdancenderungmenyerahkansepenuhnyamengenaimasalah yang dihadapisiswakepadapihaksekolahdan guru. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dirumuskan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak kelas v di MI NU Bustanuttholibin Cerih Jatinegara Tegal?, apa saja pembentukan karakter pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter religius siswa kelas V MI NU Bustanuttholibin Cerih Jatinegara Tegal?, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter siswa kelas V MI NU Bustanuttholibin Cerih Jatinegara Tegal?. Adapun tujan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam pembentkan karakter siswa kelas V MI NU Bustanuttholibin Cerih Jatinegara Tegal, untuk mengetahui metode pembentukan karakter siswa kelas V MI NU Bustanuttholibin Cerih Jatinegara Tegal, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran akidah akhlak kelas V MI NU Bustanuttholibin Cerih Jatinegara Tegal. Padapenelitianinipenelitimenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitiannyaadalahpenelitianlapangan (field research) karenapenelitilangsungterjunkelokasi yang dijadikanobjekpenelitianyaitu MI NU BustanuttholibinCerihJatinegaraTegal.Teknikpengumpulan data yang penelitigunakanadalahobservasi, wawancara, dandokumentasi.jenisanalisisdatanyaadalahdeskriptif. Hasilpenelitianiniadalahpelaksanaanpembelajaranakidahakhlakkelas V di MI NU BustanuttholibinCerihJatinegaraTegalmenggunakanpendekatanscientific, dandidalamnyamenggunakanmetodepembelajaranceramah, diskusi, bercerita, sosiodrama, penugasan. Metodepembentukankaraktersiswamelaluipembelajaranakidahakhlakkelas V di MI NU BustanuttholibinCerihJatinegaraTegalyaitu guru pembelajaranakidahakhlakmenerapkanmetodeketeladanan, metodepembiasaan, metodepemberiannasehat, metodepengarahan. Selainbeberapametodetersebutadabeberapacaraataumetode yang dilakukan guru diluarpembelajaranakidahakhlakyaitukegiatanmenciumtangan guru, salatberjamaah, taddaruspagi, kegiatan PHBI, indahtiapharijumat. Adapunfaktor-faktor yang mendukungpembelajaranakidahakhlakdalampembentukankaraktersiswakelas V MI NU BustanuttholibinCerihJatinegaraTegal, meliputisaranadanprasarana, faktorkeluarga yang baik, guru/pendidik, lingkungan.Sedangkanfaktor yang menghambatpembelajaranakidahakhlakdalampembentukankarakterkelas V MI NU BustanuttholibinCerihJatinegaraTegal, meliputilatarbelakangsiswa yang heterogen, Maraknyaduniainformasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran akidah akhlak, pembentukan karakter religius siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X5.1 Akhlak, Akhlaq 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Thohirin Thohirin | ||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2022 01:57 | ||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2022 01:57 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2114 |
Actions (login required)
View Item |