Solekha, Amalia (2018) Penerapan kegiatan keagamaan dalam menumbuhkan karakter religius siswa di SMP Negeri 15 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Karakter religius merupakan salah satu karakter yang perlu dikembangkan dalam diri siswa untuk menumbuhkan perilaku sesuai dengan ajaran agama Islam yang berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits. Banyak sekali siswa bertindak tidak sesuai dengan nilai-nilai agama Islam yang berlaku baik itu di sekolah maupun di masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, penulis melakukan penelitian yang bertempat di SMPNegeri15 Pekalongan, yang merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang berada di Jl. KH. Achamd Dahlan, Pringrejo Pekalongan. Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini meliputi: bagaimana penerapan kegiatan keagamaan dalam menumbuhkan karakter religius siswa di SMP Negeri 15 Pekalongan, dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kegiatan keagamaan dalam menumbuhkan karakter religius siswa di SMP Negeri 15 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Milles and Huberman, melalui 3 langkah utama yaitu: Reduksi Data (Data Reduktion), penyajian data (Data Display), dan verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan kegiatan keagamaan dalam menumbuhkan karakter religius siswa di SMP Negeri 15 Pekalongan melibatkan seluruh komponen sekolah seperti kepala sekolah, guru dan karyawan. Metode yang digunakan adalah metode pembiasaan dengan membiasakan siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan secara terus-menerus hingga pada akhirnya melekat karakter religius pada siswa. Adapun kegiatan keagamaan dilaksanakan dalam dua bentuk yaitu: Kebiasaan atau kegiatan rutin dan kegiatan insidental. (2) Faktor pendukung dalam penerapan kegiatan keagamaan sisiwa dalam menumbuhkan karakter siswa meliputi, motivasi siswa untukberbuat baik, adanya kerja sama seluruh stakeholder sekolah, adanya sarana dan prasarana yang menunjang.hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang mengikuti kegiatan keagamaan sekolah.adapun faktor yang menghambat penerapan kegiatan keagamaan dalam menumbuhkan karakter religius siswa meliputi: lingkungan pergaulan negatif siswa di luar sekolah, kurangnya perhatian orang tua, ketidakdisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan BTQ (baca tulis al- qur’an), bantuan dana bos, guru mata pelajaran pendidikan agama islam (pai) hanya 1 orang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Keagamaan dan Karakter Religius | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School/Sekolah Menengah Pertama, SMP |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Thohirin Thohirin | ||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2022 02:01 | ||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2022 02:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2129 |
Actions (login required)
View Item |