Implementasi pendidikan Karakter melalui kegiatan tadarus Alquran SMPN 01 Wonopringgo kabupaten Pekalongan

Audina, Rena (2017) Implementasi pendidikan Karakter melalui kegiatan tadarus Alquran SMPN 01 Wonopringgo kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Pelaksanaan pendidikan karakter di Indonesia saat ini memang dirasa mendesak. Gambaran situasi masyarakat bahkan situasi dunia pendidikan menjadi motivasi pokok pengarusutamaan (mainstreaming) implementasi pendidikan karakter di sekolah. Dalam praktikya, implementasi pendidikan karakter di sekolah sampai saat ini belum menunjukkan hasil yang signifikan. Perencanaan, pedoman pelaksanaan serta evaluasi yang menjadi syarat penting implementasi pendidikan karakter belum dilaksanakan secara terprogram. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah kajian mendalam mengenai implementasi pendidikan karakter di sekolah, yang dalam hal ini peneliti lakukan melalui kegiatan tadarus Alquran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan tadarus Alquran SMPN 01 Wonopringgo kabupaten Pekalongan, dan (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan tadarus Alquran SMPN 01 Wonopringgo kabupaten Pekalongan. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan tadarus Alquran di SMPN 01 Wonopringgo kabupaten Pekalongan, (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan tadarus Alquran SMPN 01 Wonopringgo kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Terdapat dua sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data kemudian melakukan verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan tadarus Alquran terbagi dalam beberapa hal yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pendidikan karakter dalam kegiatan tadarus Alquran SMPN 01 Wonopringgo kabupaten Pekalongan tertuang dalam visi misi dan tujuan sekolah serta dalam program kerja OSIS 2016/2017. Pelaksanaannya sendiri sudah berjalan selama 4 tahun yang mengandung beberapa nilai karakter seperti disiplin, religius, tanggung jawab, mandiri serta gemar membaca. Sedangkan evaluasi pendidikan karakter dalam kegiatan tadarus Alquran dilakukan dalam rapat OSIS. Selain itu, evaluasi pendidikan karakter dalam kegiatan tadarus Alquran juga dilakukan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Kegiatan Tadarus Alquran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:17
Last Modified: 28 Dec 2021 06:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2171

Actions (login required)

View Item View Item