Strategi pemasaran syariah dalam persaingan usaha ikan asap ( Studi Kasus Produsen Ikan Asap Kelurahan Pekajangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan )

Febriani, Anita (2019) Strategi pemasaran syariah dalam persaingan usaha ikan asap ( Studi Kasus Produsen Ikan Asap Kelurahan Pekajangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan ). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Strategi pemasaran syariah merupakan hal yang sangat penting bagi produsen muslim untuk mencapai tujuan, sehingga untuk menjalankan suatu usaha diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasaran. Salah satunya dengan menerapkan strategi pemasaran syariah dalam menghadapi persaingan. Kegiatan pemasaran umumnya memfokuskan diri pada produk, penetapan harga, kebijakan distribusi, dan cara promosi yang dalam hal ini dikenal sebagai bauran pemasaran. Kelurahan Pekajangan merupakan penghasil ikan asap terbanyak, ikan asap diminati warga Pekalongan khususnya Kecamatan Kedungwuni sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi produk, place, price dan promotion dalam usaha ikan asap di Kelurahan Pekajangan,kondisi persaingan ikan asap di Kelurahan Pekajangan dan penerapan strategi pemasaran syariah dalam persaingan usaha ikan asap Kelurahan Pekajangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan dalam penentuan informan adalah purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk metode analisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kondisi product, saluran distribusi, harga dan promosi di Kelurahan Pekajangan sangat mementingan kualitas dan mutu produk dengan mengutamakan hak khiyar bagi produk jualannya, menentukan saluran distribusi, dengan mengutamakan tempat-tempat yang sesuai dengan terget pemasaran sehingga dapat efektif dan efisien dengan mendistribusikannya langsung ke pasar-pasar tanpa perantara, dan menetapkan harga dengan keuntungan yang wajar, serta menggunakan potongan harga dalam mempromosikan ikan asap. 2) kondisi persaingan ikan asap di Kelurahan Pekajangan sangat ketat karena muncul para pesaing baru yang lebih unggul dalam hal memperluas target pasar.Terdapat tiga unsur yang perlu dicermati dalam membahas persaingan bisnis yaitu pihak yang bersaing, cara persaingan dan produk/jasa yang dipersaingkan. 3) penerapan strategi pemasaran syariah produsen ikan asap di Kelurahan Pekajangan telah menggunakan strategi dalam pemasaran produknya seperti menerapkan prinsip prinsip muamalah, segala bentuk muamalah adalah mubah, muamalah dilakukan atas dasar sukarela, muamalah dilakukan atas dasar pertimbangan mendatangkan manfaat dan menghindari mudharat, dan muamalah dilaksanakan dengan memelihara nilai keadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamara, Hj. KarimaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Produsen Ikan Asap, Strategi Pemasaran, Persaingan Usaha.
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 18 Aug 2022 08:18
Last Modified: 18 Aug 2022 08:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item View Item