Afiyana, Khasma (2019) Implementasi metode Snowball Throwing dalam pembelajaran Qur’an Hadits siswa Kelas II MII Pringlangu 02 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Al-Qur'an dan Hadis dinarasikan dalam bahasa Arab yang memiliki kaidah dan tata aturan sendiri dalam penulisannya. Bahasa Arab dituliskan dalam bentuk huruf hijaiyah, yang kaidah penulisannya berbeda dengan penulisan latin. Penulisan huruf hijaiyah lebih rumit jika dibandingkan dengan penulisan huruf latin. Pengenalan huruf hijaiyah dimulai sejak kelas I Madrasah Ibtidaiyah, sedangkan penulisan secara bersambung mulai dikenalkan di kelas II Madrasah Ibtidaiyah. Hal ini sesuai dengan KD/Kompetensi Dasar mata pelajaran Al-Qur'an Hadis Kelas II Madrasah Ibitidaiyah semester I, yaitu: menulis huruf hijaiyah secara bersambung dengan benar. untuk itu agar siswa dapat menulis menyambung huruf hijaiyah harus dilalui dengan belajar. Karena belajar merupakan kewajiban yang utama bagi setiap siswa. Menyikapi begitu pentingnya pendidikan menulis menyambung huruf hijiayah, maka guru berusaha membuat pembelajaran lebih asik dan menyanangkan dengan menggunakan metode Snowball Throwing. Dengan menggunakan metode yang menyenangkan siswa akan lebih tertarik mengikuti pembelajaran. Adanya metode Snowball Throwing sangat membantu guru serta siswa-siswi dalam pembelajaran Qur’an Hadits berupa menulis menyambung huruf hijaiyah untuk mencapai tujuan yang diharapkan yaitu siswa-siswi dapat menulis menyambung huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Metode Snowball Throwing dalam pembelajaran Qur’an Hadits pada kelas II MII Pringlangu 02 Pekalongan, serta faktor pendukung dan penghambat metode Snowball Throwing dalam pembelajaran Qur’an Hadits pada kelas II MII Pringlangu 02 Pekalongan. Penelitian lapangan (foeld research) ini merupakan penelitian dengan metode analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data yang terkumpul secara jelas dan terperinci. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode Snowball Throwing dalam pembelajar Qur’an Hadits kelas II MII Pringlangu 02 Pekalongan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Proses pembelajaran menjadi menyenangkan cukup berjalan lancar dengan metode Snowball Throwing. Adapun faktor pendukung metode Snowball Throwing dalam pembelajaran Qur’an Hadits kelas II adalah Motivasi yang diberikan guru kepada siswa, Rasa ingin tahu siswa yang tinggi, Hubungan harmonis antara guru dan siswa, Sarana pembelejaran sekolah yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat metode Snowball Throwing dalam pembelajaran Qur’an Hadits kelas II adalah Tingkat kemampuan siswa yang berbeda dalam kelas, Siswa merasa capek, bosan dan jenuh menerima lebih dari satu pelajaran sehari, Faktor lingkungan masyarakat, keluarga dan teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Snowball Throwing, Pembelajaran Qur’an Hadits | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 29 Apr 2020 04:51 | ||||||||
Last Modified: | 29 Apr 2020 04:51 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/225 |
Actions (login required)
View Item |