Zullalah, Alifatus (2019) Penerapan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada pembelajaran fikih kelas VII di SMP Islam Fatkhul Qowim Kecamatan Wonokerto. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I-V.pdf Download (4MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang penerapan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran Fikih di SMP Islam Fatkhul Qowim Kecamatan Wonokerto. Tujuan penelitian Skripsi ini adalah untuk mengetahui penerapan PAKEM pada mata pelajaran Fikih di SMP Islam Fatkhul Qowim Kecamatan Wonokerto, dan faktor pendukung dan kendala pada penerapan PAKEM pada mata pelajaran Fikih di SMP Islam Fatkhul Qowim Kecamatan Wonokerto, dan hasil penerapan PAKEM pada mata pelajaran Fikih di SMP Islam Fatkhul Qowim Kecamatan Wonokerto . Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah yang diteliti adalah sebagai berikut :Bagaimana perencanaan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran fikih dapat meningkatkan motivasi, keaktifan dan kreativitas siswa kelas VII SMP Islam fatkhul qowim Wonokwerto Pekalongan?Bagaimana penerapan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada matapelajaran Fikih kelas VII di SMP Islam fatkhul qowim Wonokwerto Pekalongan?Bagaimana evaluasi model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada matapelajaran Fikih kelas VII di SMP Islam fatkhul qowim Wonokwerto Pekalongan?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, karena penelitian ini lapangan atau kehidupan yang sebenarnya secara spesifik apa yang sedang terjadi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian di penerapan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran Fikih kelas Vll di SMP Islam FQ Wonokerto, sudah terlaksana, walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada pula hal-hal yang perlu dibenahi dan dikembangkan yang berkaitan dengan penerapan PAKEM di SMP Islam FQ Wonokerto.Dengan adanya kerja sama yang baik antra guru dan peserta didik merupakan hal yang sangat menunjang tercapainya tujuan yang diharapkan. Bapak Jamal selaku guru Fikih di SMP Islam FQ Wonokerto selalu membangunhubungan yang baik dengan setiap peserta didik, hal ini dapat dilihat dari keakrapan pserta didik dengan pendidik dengan beliau dan pemikiran bahwa guru Fiqih bukan menjadi sosok yang ditakuti oleg setiap peserta didik tapi justru sebagai guru sekaligus bapak yang selalu mencurahkan kasih sayangnya kepadasetiap anak didiknya
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM), pembelajaran fikih | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2021 06:07 | ||||||||
Last Modified: | 10 Aug 2021 06:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2278 |
Actions (login required)
View Item |