Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Anak Asuh di Panti Asuhan Darul Hadlonah Wonopringgo Pekalongan

Udzma, Syafa’atul (2019) Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Anak Asuh di Panti Asuhan Darul Hadlonah Wonopringgo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL EKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Nilai-nilai Pendidikan Islam di dalam panti asuhan sangatlah penting untuk membina anak asuh agar mempunyai pribadi yang islami, sehat jasmani maupun rohani. Pada dasarnya panti asuhan haruslah memberikan pendidikan agama Islam dan membina anak agar mempunyai prilaku yang Islami, akan tetapi masih terdapat beberapa poin yang belum maksimal diberikan oleh panti asuhan untuk anak asuh. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana pembinaan anak asuh di panti asuhan Darul Hadlonah Wonopringgo Pekalongan? Nilai-nilai Pendidikan Islam apa saja yang terdapat dalam pembinaan anak asuh di panti asuhan Darul Hadlonah Wonopringgo Pekalongan? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan model/ Resech, sedangkan data – data yang dibutuhkan dicari dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :Untuk Mendeskripsikan Pembinaan anak asuh di Panti Asuhan Darul Hadlonah Wonopringgo. Untuk Mendeskripsikan Nilai-nilai Pendidikan Islam apa saja yang ada di Panti Asuhan Darul Hadlonah Wonopringgo Secara Teoritis hasil penelitian diharapkan Kegunaan penelitian ini agar menjadi bahan informasi terhadap kajian akademis sebagai masukan bagi penelitian yang lain dalam tema yang berkaitan sehingga dapat dijadikan referensi bagi peneliti berikutnya.Dapat menambah dan memperkaya khazanah keilmuan dalam dunia pendidikan, khususnya mengenai nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan anak asuh..Penelitian ini bermanfaat sebagai pedoman penelitian yang sejenis.Secara Praktis Diharapkan dijadikan sebagai bahan untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi para pembaca terkait dengan nilai pendidikan Islam dalam pembinaan anak asuh. Untuk menarik minat penelitian lanjut mengenai masalah-masalah yang sama atau serupa sehingga akan memberikan sumbangan yang cukup berarti bagi perkembangan pengetahuan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-nilai Pendidikan Islam di Dalam Panti Asuhan yaitu: Pertama, Nilai Pendidikan Keimanan, Kedua, Nilai Pendidikan Akhlak, Ketiga, Nilai Pendidikan Jasmani, Keempat, Nilai Pendidikan Psikis, Kelima, Nilai Pendidikan Sosial, Pembinaan Agama Islam Anak Asuh Panti Asuhan Darul Hadlonah Wonopringgo Pekalongan. Pembinaan yang diberikan tersebut yaitu: Pertama, Pembinaan Keteladanan, Kedua, Metode Pembiasaan, Ketiga, Metode Hadiah dan Hukuman, Keempat, Metode Mau’idhah (Nasihat), Kelima, Metode Cerita, Keenam, Metode tanya Jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDBurhanuddin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Pembinaan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:06
Last Modified: 19 Aug 2022 02:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2309

Actions (login required)

View Item View Item