AZMI, RIFQOH (2018) Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah AkhlakSiswa di Kelas IV MI Salafiyah Sawangan Paninggaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I-V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah judul skripsi ini adalah guru merupakan ujung tombak pengembangan kurikulum sekaligus pelaksana kurikulum. Dengan demikian lembaga pendidikan yang baik itu harus mempunyai guru yang berkualitas, karena guru sebagai ujung tombak dalam sekolah tersebut yang bisa mengawasi dan mengarahkan siswanya dengan baik. Keberhasilan belajar mengajar ditentukan oleh kemampuan profesional guru dan pribadi guru. dalam praktiknya sebagian guru kurang memperhatikan pengajaran dengan profesional, sehingga banyak siswa yang enggan untuk belajar dan meningkatkan prestasi belajar Rumusan masalahnya adalah bagaimana upaya guru di kelas IV dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi akidah akhlak? Apa faktor pendukung dan penghambat upaya guru di kelas IV dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi akidah akhlak? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru di kelas IV dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi akidah akhlak dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru di kelas IV dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi akidah akhlak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa,kejadianyang bersifatsekarang di MI Salafiyah Sawangan. Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar AkidahAkhlak siswa kelas IV di MI SalafiyahSawangan yakni dengan memotivasi siswa dengan cara guru menciptakan suasana kelas yang kental akan semangat untuk bersaing, membimbing siswa dengan cara mengadakan les,upaya dalam proses pembelajaran yakni menggunakan model dan metode pembelajaran yang bervariatif seperti active learning dan cooperative learning, menggunakan berbagai permainan dalam pembelajaran untuk mengerjakan soal seperti permainan sing sing so, ganjil genap, tanggal-bulan, upaya dalam evaluasi seperti penilaian di akhir pembelajaran. Faktor pendukungnya yakni dukungan orangtua secara mental dan finansial dan sarana prasarana yang disediakan oleh sekolah, sedangkan faktor penghambatnya yakni masih rancunya buku pedoman kurikulum 2013 untuk guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Profesianalitas Guru | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2022 02:16 | ||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2022 02:16 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2313 |
Actions (login required)
View Item |