Susanto, Muhammad Hermawan (2017) Pengaruh metode qowaid dan tarjamah terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab di MA Al Mizan kelas XI Randudongkal Pemalang tahun pelajaran 2015-2016. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
i-v.pdf Download (11MB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (25MB) |
Abstract
Latar belakang : Seorang pendidik memegang tanggung jawab dalam mengolah materi dan menyampaikan agar mudah diterima anak didiknya. Pendidik hendaklah menguasai beberapa metode. Pada siswa kelas XI MA Al-Mizan Randudongkal Pemalang telah diterapkan metode qowaid dan tarjamah dalam upaya meningkatkan prestasi belajar. Rumusan masalah : Bagaimana pengaruh metode qowaid dan tarjamah siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian : Penelitian lapangan (field research). Pendekatan : Kuantitatif. Metode pengumpulan data : observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Analisis : rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian : Bahwa pelaksanaan metode qowaid dan tarjamah berjalan dengan baik (jumlah skor 50 yang berada pada interval 50-55 dengan kategori baik). Prestasi termasuk kategori baik dengan nilai 84 pada interval 83-88. Pengaruh metode qowaid dan tarjamah terhadap prestasi belajar siswa yaitu signifikan, hasil perhitungan dengan rumus regresi linear sederhana : ttest = 17,4 dengan N=45, tingkat signifikan 5% ttabel = 2,021 maka ttest > ttabel = 17,4 > 2,021 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | metode qowaid dan tarjamah, prestasi belajar | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
Date Deposited: | 06 Jan 2022 07:43 | ||||||||
Last Modified: | 06 Jan 2022 07:43 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2570 |
Actions (login required)
View Item |