Utami, Rini Setyo (2012) Dinamika Pendidikan Madrasah Di Indonesia Menurut Abdul Malik Fadjar. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (26MB) |
|
Text
i-v.pdf Download (12MB) |
Abstract
Salah satu lembaga pendidikan Islam yang tidak dapat dipisahkan dari pendidikan Islam di Indonesia adalah madrasah. Sejumlah pakar meyakini bahwa ia merupakan bentuk pendidikan Islam yang Indigenous di negeri ini. Eksistensi pendidikan madrasah ini , telah hidup dan berada dalam budaya bangsa Indonesia selama berabad abad yang silam dan tetap bertahan hingga sekarang. Dari segi Kurikulum Madrasah mengajarkan pengetahuan umum yang sama dengan sekolah sekolah umum sederajat. Yang membedakan Madrasah dengan lembaga pendidikan umum adalah banyaknya pengetahuan agama yang diberikan , yang merupakan "ciri khas Islam" lembaga pendidikan yang berada di bawah Departemen Agama. Eksistensi madrasah banyak dibahas oleh beberapa pakar diantaranya adalah Abdul Malik Fadjar yang mengharapkan madrasah dapat sejajar dengan sekolah-sekolah pada umumnya. Dari latar belakang yang telah penulis kemukakan diatas penulis rumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut : bagaimana Dinamika pendidikan madrasah di Indonesia menurut Abdul Malik Fadjar, bagaimana pemberdayaan Madrasah di Indonesia menurut Abdul Malik Fadjar, bagaimana Tantangan dan Prospek pendidikan madrasah menurut Abdul Malik Fadjar . Adapun tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana munculnya Dinamika pendidikan madrasah di Indonesia, untuk mengetahui bagaimana munculnya tantangan dan prospek madrasah di Indonesia, untuk mengetahui bagaiman a munculnya pemberdayaan madrasah di Indonesia. Sedangkan kegunaan penulisan ini adalah dapat dijadikan sebagai pelengkap bagi peneliti yang lebih luas dan lebih mendalam dalam rangka menambah khasanah penelitian tokoh sejarah, dan dapat dijadikan bahan bacaan para mahasiswa atau masyarakat umum kaitannya dengan pendidikan. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research), yaitu dengan menlaah buku buku karya Abdul Malik fadjar dan buku buku yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, karena penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, maka data yang dihasilkan diperoleh dua sumber , yaitu sumber primer dan sumber sekunder .
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembaharuan Pendidikan Madrasah Menurut Abdul Malik Fadjar | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Mahasiswa satu | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2022 03:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2022 03:33 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2615 |
Actions (login required)
View Item |