Musa, Kalimi (2021) Implementasi gerakan literasi sekolah dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran pai di MI Negeri 2 Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (12MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Latar belakang penulisan Tesis ini adalah adanya fenomena kemampuan siswa dalam memahami isi teks bacaan masih tergolong rendah. Hal ini merupakan sesuatu yang harus diperhatikan oleh para praktisi pendidikan, khususnya guru. Guru perlu mencari cara agar kemampuan memahami teks bacaan oleh siswa meningkat. Salah satu upayanya yaitu dengan membiasakan siswa-siswanya berperilaku literat. Kemudian pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat kebijakan dengan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Program ini mengkombinasikan tahapan literasi dalam GLS antara pembiasaan & pembelajaran. Kemudian MI Negeri 2 Batang mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah dengan keterbatasan akses dan ketiadaan sosialisasi. Rumusan permasalahan tesis ini adalah 1. Bagaimana perencanaan implementasi Gerakan Literasi Sekolah dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di MIN 2 Batang? 2. Bagaimana pelaksanaan implementasi Gerakan Literasi Sekolah dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di MIN 2 Batang? 3. Bagaimana evaluasi implementasi Gerakan Literasi Sekolah dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di MIN 2 Batang? Tujuan penelitian ini adalah 1. Menganalisis perencanaan implementasi Gerakan Literasi Sekolah dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di MIN 2 Batang. 2. Menganalisis pelaksanaan implementasi Gerakan Literasi Sekolah dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di MIN 2 Batang. 3. Menganalisis evaluasi implementasi Gerakan Literasi Sekolah dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di MIN 2 Batang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang di amati. Dari penelitian ini di peroleh suatu data deskriptif yang menggambarkan tahapan-tahapan yang terdiri dari tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Adapun data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diolah menjadi sebuah informasi. Hasil penelitian ini adalah implementasi GLS dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran PAI di MIN 2 batang melalui tiga tahapan. Pertama, tahap pembiasaan yaitu pengembangan karakter peserta didik melalui kegiatan 15 menit membaca. Kedua, tahap pengembangan yaitu kegiatan yang mengelaborasi dan megkolaborasi kegiatan literasi melalui kegiatan showcase atau display baik di ruang kelas maupun di luar kelas. Ketiga, tahap pembelajaran yang terintegrasi kurikulum PAI melalui pendekatan saintifik.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran PAI | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 01:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 07:16 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2748 |
Actions (login required)
View Item |