Saekhu, Akhmad (2021) Implementasi pendidikan agama islam dalam membina nilai-nilai religius siswa SMP Al Islah Plus Ampelgading Kabupaten Pemalang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini salah satu hal yang menarik berdasarkan pengamatan sementara di lapangan SMP Al Islah Plus Ampelgading, Pemalang, penulis menemukan adanya proses pembinaan nilai-nilai religius melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membina nilai-nilai religius siswa tidak hanya diterapkan di dalam kelas saja, melainkan juga diterapkan di luar kelas. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis perencanaan Pendidikan Agama Islam dalam membina nilai-nilai religius siswa SMP Al Islah Plus Ampelgading Kabupaten Pemalang; 2) Untuk menganalisis pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam membina nilai-nilai religius siswa SMP Al Islah Plus Ampelgading Kabupaten Pemalang; 3) Untuk menganalisis evaluasi Pendidikan Agama Islam dalam membina nilai-nilai religius siswa SMP Al Islah Plus Ampelgading Kabupaten Pemalang; 4) Untuk menganalisis implikasi dari implementasi Pendidikan Agama Islam bagi pembinaan nilai-nilai religius siswa SMP Al Islah Plus Ampelgading Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan mulai dari pengumpulann data, editing (pemilahan), dan pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan 1) Perencanaan Pendidikan Agama Islam dalam membina nilai-nilai religius siswa dilakukan dengan menentukan kegiatan seperti pembiasaan sebelum pembelajaran dengan membaca amalan pagi dan dilanjut sholat dhuha bersama,; 2) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi pembinaan nilai-nilai religius siswa dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran sampai selesai melalui Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan kurikulum sekolah; 3) Evaluasi Pendidikan Agama Islam bagi pembinaan nilai-nilai religius siswa dilaksanakan dengan cara memantau dan memonitoring semua kegiatan; 4) Implikasi dari implementasi Pendidikan Agama Islam bagi pembinaan nilai-nilai religius siswa dengan melaksanakan amalan dengan membaca surat pendek, surat Al-Waqi’ah, surat Al-Mulk, tahlil, sholawat nariyah dan sholat dhuha bersama. Sedangkan di dalam kelas melaksanakan amalan sholawat tibbil qulub, lihomsatun, membaca surat Al-Fatihah, serta doa sebelum dan sesudah belajar. Dengan begitu diharapkan siswa dapat mengingat dan memahami dengan benar pembelajaran tersebut. Selain itu juga terdapat kurikulum khusus dalam bidang keagamaandengan cara memperbaiki akhlak siswa melalui pembiasaan amalan yang dilakukan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Nilai-Nilai Religius | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 01:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 Jan 2023 01:45 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2751 |
Actions (login required)
View Item |