Mamlakhah, Mamlakhah (2021) Relevansi nilai pendidikan anak dalam Al-Qur’an di era milenial. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I-V.pdf Download (12MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) nilai pendidikan anak dalam Al-Qur’an; (2) relevansi nilai pendidikan anak dalam Al-Qur’an di era milenial.Penulisannya diilhami dengan masih banyaknya anak yang terjerumus kepada pergaulan bebas, sudah kenal merokok, bahkan terkena narkoba, tawuran antar sesama, jauh dari agama, berani kepada orang tua, berkata kotor dan akhlak buruk lainnya. Era milenial yang disebut juga era kecanggihan teknologi informasi, dengan banyak keuntungan-keuntungan dan kemajuan serta kecanggihan ilmu pengetahuan, ilmu terapan yang terbarukan membuat mudah manusia memenuhi kebutuhannya. Era digitalisasi yang membuat orang mudah mengakses kebutuhannya, lewat berabagai layanan dapat lakukan dengan mudah lewat internet. Semua keuntungan dan kemudahan tersebut tentunya harus berbanding lurus dalam terutama pendidikan agama. Al-Qur’an banyak menyebutkan tentang nilai pendidikan terutama nilai pendidikan anak.Banyak ayat yang menyebutkan nilai pendidikan anak seperti dalam QS. Luqman ayat 13- 15, QS. Al-Ahqaf ayat 15, QS. Al-Isra’ ayat 23-24. Ayat ayat tersebut mnegandung perintah tidak boleh menyekutukan Allah, berbuat baik kepada orang tua yang telah mendidiknya sejak kecil hingga berbuat baik ketika orang tua meninggal. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) apa nilai pendidikan anak yang terkandung dalam Al-Qur’an? 2). Bagaimana relevansi nilai pendidikan anak yang terkandung dalam Al-Qur’an di era milenial? Tujuan penelitian ini adalah : 1). untuk menganalisa nilai pendidikan anak yang terkandung dalam Al-Qur’an 2). untuk menganalisa relevansi nilai pendidikan dalam Al-Qur’an di era milenial. Metodologi Penelitian ini bersifat library research yaitu studi pustaka penelitian yang bertujuan mencari dasar pijakan untuk memperoleh landasan teori, kerangka berpikir dan menentukan dugaan sementara. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik usia sekolah dasar kira-kira umur 7-12 tahun. Dengan menggunakan pendekatan tafsir maudhu’i, yaitu menghimpun seluruh ayat yang memiliki tujuan dan tema yang sama, kemudian kalau mungkin disusun berdasarkan kronologi turunnya dengan memperhatikan sebab-sebab turunnya. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) terdapat banyak ayat dalam Al Qur’an tentang nilai pendidikan anak seperti tidak boleh menyekutukan Allah dan harus berbakti kepada kedua orang tua. (2) nilai pendidikan anak yang terkandung dalam Al-Qur’an di era milenial masih sangat relevan antara lain dengan cara menerapkan metode pendidikan keteladanan, pembiasaan, nasehat, perhatian dan pengawasan, dan pendidikan dengan hukuman.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Relevansi, Pendidikan Anak, Al-Qur’an, Era Milenial | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 01:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 Jan 2023 01:45 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2754 |
Actions (login required)
View Item |