Islah, Selfi Shochifatul (2021) Implementasi integras kurikulum pondok pesantren syafi’i akrom dengan SMP Sains Cahaya Al-Qur’an kota Pekalongan dalam mengembangkan karakter dan kompetensi peserta didik abad 21. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I-V.pdf Download (8MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Karakter dan kompetensi merupakan hal yang penting dimiliki bagi peserta didik, untuk bagi septiap pendidik diharapakan mengerahkan peserta didik untuk mencapai dua tersebut agar sesuai dengan tuntutan zaman namun tentunya tidak meninggalkan karakter baik manusia. Untuk itu sebelum penddik mengarahkan peserta didik kepada karakter yang baik dan kompetensi peserta didik abad 21, terlebih dahulu pendidik harus mencerminkan dua hal tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah yang diajukan adalah :Pertama, implementasi integrasi kurikulum pondok pesantren Syafi’i Akrom dengan SMP Sains Cahaya Al-Qur’an kota Pekalongan dalam mengembangkan karakter dan kompetensi peserta didik abad 21. Kedua, Bagaimana program pelaksanaan implementasi integrasi kurikulum pondok pesantren Syafi’i Akrom dengan SMP Sains Cahaya Al-Qur’an kota Pekalongan dalam mengembangkan karakter dan kompetensi peserta didik abad 21. Ketiga, Bagaimana evalusi implementasi integrasi kurikulum pondok pesantren Syafi’i Akrom dengan SMP Sains Cahaya Al-Qur’an kota Pekalongan dalam mengembangkan karakter dan kompetensi peserta didik abad 21. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field reseach) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dakumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu dengan cara Milles Huberman yaitu Reduksi data, display data dan Conclusion Drawing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Implementasi integrasi pondok pesantren Syafi’i Akrom dengan SMP Sains Cahya al-Qur’an kota Pekalongan dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu : program, pelaksanaan, dan evaluasi. Yang mana dari adanya pelaksanaan program tersebut masih banyak terdapat evaluasi, namun masih akan terus diupayakan oleh pihak pondok pesantren dan pihak sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Integrasi, Karakter, Kompetensi, Kurikulum | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 01:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 07:13 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2758 |
Actions (login required)
View Item |