Wahyudi, Slamet (2021) Pembinaan akhlakul karimah siswa melalui metode bercerita di MI Islamiyah Surodadi Kec. Gringsing Kab. Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (17MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
Abstract
Latar belakang penulisan Tesis ini adalah adanya fenomena prilaku siswa banyak yang indisipliner, kata-katanya kasar, kurang sopan terhadap guru, kurang peduli terhadap kebersihan buang sampah sembarangan dan perkelahian antar teman sering terjadi. Hal ini merupakan sesuatu yang urgent dan harus diperhatikan bersama-sama oleh para pendidik. Guru perlu mencari cara agar akhlakul karimah siswa terbina dengan baik. Salah satu upayanya yaitu dengan memberikan pembinaan yang tepat dan efektif agar perilaku siswa-siswanya menjadi karimah. MI Islamiyah Surodadi Kec. Gringsing Kab. Batang juga mempunyai permasalahan yang sama dengan fenomena perilaku siswanya diatas kemudian dirancanglah sebuah metode pembinaan akhklak melalui metode bercerita. Pembinaan akhlakul karimah melalui metode bercerita ini diterapkan pada mata pelajaran PAI terutama pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan SKI.Materi pada kedua mata pelajaran tersebut disajiakan dengan cerita yang mengandung suritauladan, nasehat dan motivasi. Rumusan permasalahan tesis ini adalah 1. Bagaimanakah pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah siswa melalui metode bercerita di MI Islamiyah Surodadi Kec. Gringsing Kab. Batang? 2. Bagaimana Kondisi Akhlak Siswa di MI Islamiyah Surodadi Kec. Gringsing Kab. Batang? Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mendiskripsikan dan menganalisis Pelaksanaan Pembinaan Akhlak Karimah Siswa melalui metode bercerita di MI Islamiyah Surodadi Kec. Gringsing Kab. Batang. 2. Untuk mendiskripsikan dan menganalisis Kondisi Akhlak Siswa MI Islamiyah Surodadi Kec. Gringsing Kab. Batang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang di amati. Dari penelitian ini di peroleh suatu data deskriptif yang menggambarkan tahapan-tahapan pelaksanaan metode bercerita yang terdiri dari aspek perencanaan dan pelaksanaan serta kondisi akhlak siswa MI Islamiyah Surodadi. Adapun data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diolah menjadi sebuah informasi. Hasil penelitian ini adalah pembinaan akhlakul karimah siswa melalui metode bercerita di MI Islamiyah Surodadi melalui materi cerita suritauladan, nasehat dan motivasi yang didesain dalam kurikulum dan diintegrasikan dalam RPP pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan SKI. Dari hasil kegiatan pembelajaran tersebut diperolehnya akhlakul karimah siswa yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan, Akhlakul Karimah , Metode Bercerita | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 01:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 07:07 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2764 |
Actions (login required)
View Item |