Aditya, Muhammad (2022) Strategi pendidikan karakter di SMP Negeri 10 Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (6MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui .(1) Bagaimana Karakter Siswa di SMP Negeri 10 Pekalongan(2)Bagaimana Strategi Pendidikan Karakter yang diterapkan di SMP Negeri 10 Pekalongan (3)Apa Saja implikasi Strategi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 10 Pekalongan. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif lapangan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 10 Pekalongan, Sumber data penelitian ini adalah peristiwa, informasi dan dokumen. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi review informan kunci. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. di lingkungan sekolah maupun didalam kelas . Subyek penelitian terdiri atas: guru, kepala sekolah, dan siswa. Objek penilitian adalah strategi pendidikan karakter, yang tercantum dalam:. Instrumen penelitian adalah pedomanan wawancara, lembar observasi, dan catatan lapangan. Analisis data dengan metode diskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa: (1) adapun mengenai karakter siswa di SMP Negeri 10 Pekalongan dapat di simpulkan bahwa bentuk penerapan karakter yang dilakukan penulis Pendidikan karakter sangat penting untuk membangun kembali peradaban bangsa. Dan Peran lembaga pendidikan diharapkan lebih proaktif, kreatif dan inovatif dalam merancang proses pembelajaran yang benar-benar mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan karakter. Dalam konteks inilah, proses pendidikan karakter perlu dirancang secara holistik dan kontekstual sehingga mampu membangun pemikiran yang dialogis-kritis dalam membentuk manusia yang berkarakter(2) strategi pendidikan karakter di SMP Negeri 10 Pekalongan dapat dilakukan dengan pembelajaran Agama, seperti sholat jumat berjamaah . (3) . implikasi strategi pendidikan karakter juga ada kaitannya dengan bagaimana caranya agar siswa dapat memiliki bentuk karakter yang baik dengan berdasarkan kaidah dan nilai-nilai moral keislaman yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pendidikan, Karakter | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 01:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 05:03 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2776 |
Actions (login required)
View Item |