Implementasi pendekatan scientific learning dalam membentuk karakter mandiri dan berpikir kritis pada mata pelajaran pai di SMK Syafii Akrom

Widoseno, Lutfi (2021) Implementasi pendekatan scientific learning dalam membentuk karakter mandiri dan berpikir kritis pada mata pelajaran pai di SMK Syafii Akrom. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rumusan Masalah: 1) Bagaimana kondisi karakter Mandiri dan Berpikir Kritis Siswa di SMK Syafii Akrom Kota Pekalongan ? 2) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Melalui Pendekatan Scientific Learning dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PAI di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan? 3) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Pendekatan Scientific Learning dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PAI di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan? 4) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Melalui Pendekatan Scientific Learning dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PAI di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan? Adapun Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) Menganalisis karakter Mandiri dan Berpikir Kritis Siswa di SMK Syafii Akrom Kota Pekalongan 2) Menganalisis Perencanaan Pembelajaran Melalui Pendekatan Scientific Learning dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PAI di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan 3) Menganalisis Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Pendekatan Scientific Learning dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PAI di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan 4) Menganalisis Evaluasi Pembelajaran Melalui Pendekatan Scientific Learning dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PAI di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field Research), teknik pengumpulan datanya dengan melakukan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan di dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah siswa hanya memiliki dua dari empat indikator karakter mandiri dan tingkat berpikir kritis siswa masih dalam taraf sedang berdasarkan indikator yang dimilikinya. Perencanaan dilaksanakan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan lima langkah dalam pendekatan scientific learning. Evaluasi pembelajaran mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik serta pendekatan scientific learning dinilai mampu meningkatkan karakter mandiri dan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorJaeni, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Scientific Learning, Mandiri, Berpikir Kritis
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:44
Last Modified: 08 Feb 2023 04:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2780

Actions (login required)

View Item View Item