Faza, Muhammad Khoirul (2016) Penanaman Nilai-Nilai Moral Anak Dalam Keluarga Wirausaha di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021111287 MUHAMMAD KHOIRUL FAZA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (31MB) |
|
Text
2021111287 MUHAMMAD KHOIRUL FAZA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (10MB) |
Abstract
Pendidikan moral merupakan cikal bagi terbentuknya nilai-nilai moral yang menjadi prinsip kepribadian setiap orang. Maka pendidikan moral (akhlak) mesti diberikan sejak dini, karena pada dasarnya semua anak lahir dalam keadaan fitrah seperti kertas putih, orang tua yang berperan mengarahkan menjadi anak yang berkepribadian baik atau buruk. Sebab itu akan berpengaruh pada perkembangan pribadi dimasa berikutnya. Di era globalisasi sekarang ini sangatlah penting untuk diterapkan penanaman nilai-nilai moral serta pendidikan agama bagi anak. Dalam penelitian ini peneliti memaparkan rumusan masalah yaitu, Bagaimana perilaku moral anak dari keluarga wirausaha di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan?, Bagaimana penanaman nilai-nilai moral anak dalam keluarga wirausaha di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan?, Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat penanaman nilai-nilai moral anak dalam keluarga wirausaha di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan?. Tujuan penelitiannya adalah untuk mendeskripsikan perilaku moral anak dari keluarga wirausaha di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan, untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai moral anak dalam keluarga wirausaha di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan dan untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat penanaman nilai-nilai moral anak dalam keluarga wirausaha di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan. Dalam kegunaan penelitian ini terdapat dua manfaat yaitu manfaat secara teoritis adalah l) hasil penelitian diharapkan dapat menambah wawasan dan khasanah keilmuan, terutama dalam mengkaji dan penanaman nilai-nilai moral kepada anak khususnya keluarga wirausaha. Sedangkan manfaat secara praktisnya adalah 1) Menambah wawasan tentang kompetensi pedagogik guru dalam mengajar sehingga pada akhirnya dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran dengan sebaik-baiknya. 2) Membantu kepala sekolah untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik salah satunya adalah dengan mengkoordinasikan sumber daya manusia untuk dapat bekerja semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan sekolah. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu salah satu pendekatan dalam melakukan penelitian berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami, Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data metode deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam tentang realitas sosial dan berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat yang menjadi subjek penelitian sehingga tergambarkan ciri, karakter, sifat, dan model dari fenomena tersebut. Proses penanaman nilai-nilai pendidikan moral anak pada keluarga wirausaha di Desa Wonoyoso sudah termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini dibuktikan bahwa keluarga wirausaha di Desa Wonoyoso sudah menjalankan apa yang harus dilaksanakan, diantaranya: Perilaku moral anak yang terdapat di Desa Wonoyoso terbagi atas 2 kategori yaitu: Positif, yaitu perilaku yang baik tertanam sejak dini dari orang tua yang selalu mengajarkan sikap suri tauladan atau percontohan langsung orang tua terhadap anak, maka anak akan cepat dan mudah untuk meniru sikap/akhlak yang baik dari orang tua. Contoh dari perilaku baik diantaranya: sopan santun, ramah, menghargai orang lain, menghormati orang lain, taat pada orang tua dan bertanggungjawab. Negatif, yaitu perilaku tidak baik pada anak terpengaruhi atas lingkungan, teman bermain dan media yang tidak mendidik. Perilaku yang terdapat pada anak sebagai berikut: bolos sekolah atau mengaji, membantah pada orang tua, tidak patuh pada orang, meniru ucapan yang tidak baik dari televisi, meninggalkan sholat dan malas belajar. Adapun yang ditanamkan orang tua pada anak yaitu: l. Pembinaan moral, yaitu orang tua membimbing dan membiasakan kepada anaknya untuk bersikap baik terhadap semua orang, memiliki akhlakul karimah, menghormati semua orang terlebih orang yang lebih tua dan lain sebagainya. 2. Pembinaan kepribadiaan dan sosial, yaitu orang tua mengajari dan membiasakan anak untuk mempunyai kepribadian yang baik terhadap masyarakat dengan cara mengikutsertakan anak-anak dalam kegiatan yang ada di kampung. Faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan pendidikan moral anak pada keluarga wirausaha di Desa Wonoyoso Buaran Pekalongan. Adapun faktor pendukungnya yaitu adanya kesadaran orang tua terhadap pentingnya pedidikan moral anak dan adanya tujuan yang ingin dicapai. Adapun faktor penghambat dalam memberikan pendidikan moral anak adalah: Faktor keluarga diantaranya ekonomi keluarga yang mencukupi, pendidikan orang tua, kesibukan orang tua, serta lingkungan yang kurang baik serta tidak mendukung sehingga berpengaruh tidak baik pula bagi anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Moral Anak, Keluarga Wirausaha | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 24 Oct 2023 04:32 | ||||||||
Last Modified: | 24 Oct 2023 04:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2790 |
Actions (login required)
View Item |