Ghofar, Abdul (2022) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan Peserta Didik MTs Salafiyah Jenggot Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Kehadiran guru dalam sistem pembelajaran memegang peran yang signifikan. Peran guru dalam sistem pembelajaran belum sepenuhnya dapat digantikan oleh peralatan modern maupun aplikasi pembelajaran yang berkembang dengan pesat. Pembelajaran memerlukan unsur yang bersifat manusiawi seperti sikap, sistem nilai, perasaan, motivasi, dan pembiasaan sehingga proses pembelajaran tidak sepenuhnya terwakili oleh madia elektronik. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini ada empat macam yaitu: (1) Bagaimana rumusan standar kompetensi lulusan peserta didik MTs Salafiyah Jenggot Pekalongan? (2) Bagaimana peran yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak dalam pencapain standar kompetnsi lulusan peserta didik MTs Salafiyah Jenggot? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari peran tersebut? (4) Apa dampak dari peran guru Akidah Akhlak? Tujuan dan kegunaaan penelitian ini adalah untuk menganalisis rumusan standar kompetensi lulusan peserta didik MTs Salafiyah Jenggot Pekalongan, menganalisis peran yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak dalam pencapaian standar kompetensi lulusan peserta didik MTs Salafiyah Jenggot Pekalongan, menganalisis faktor pendukung dan penghambat dari peran tersebut dan untuk menganalisis dampak dari peran guru Akidah. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian lapangan, pengumpulan data menggunakan teknik interaktif yang meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisisnya menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa Peran guru Akidah Akhlak dalam pencapaian standar kompetensi lulusan peserta didik MTs Salafiyah Jenggot Pekalongan meliputi administrator, educator, motivator, supervisor, dan peran guru sebagai evaluator. Rumusan standar kompetensi lulusan bersumber dari Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 dan mengacu ketetapan Yayasan Pendidikan Salafiyah Jenggot (YAPENSA). Faktor pendukung peran tersebut yaitu kompetensi guru, kurikulum, sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambat diantaranya karakteristik peserta didik yang beragam dan kemampuan dasar yang berbeda-beda, motivasi belajar yang rendah, kurang disiplin, kurangnya komunikasi, pengawasan dan perhatian dari orang tua dan pengaruh perkembangan teknologi. Dampak dari peran guru Akidah Akhlak terhadap pencapain standar lulusan tampak jelas terbukti dari peserta didik MTS Salafiyah Jenggot mencapai standar kompetensi lulusan dalam tiga demensi yaitu sikap, pengetahuan, dan ketrampilan.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Akidah Akhlak, Standar Kompetensi Lulusan, MTs Salfiyah Jenggot Pekalongan | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 04:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 04:47 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2795 |
Actions (login required)
View Item |