Implementasi Nilai-Nilai Religius Kitab Ta'limul Muta'alim Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMK Diponegoro Banyuputih Kabupaten Batang

Hasan, Ahmad (2022) Implementasi Nilai-Nilai Religius Kitab Ta'limul Muta'alim Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMK Diponegoro Banyuputih Kabupaten Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Apabila seorang siswa yang sudah bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, tetapi banyak yang tidak memperoleh manfaat ilmu, penyebabnya dikarenakan tidak memperhatikan komponen syarat atau cara-cara ketika sedang belajar. Oleh karena itu, sekolah harus memiliki strategi agar siswa dapat memperhatikan hal-hal tersebut, strategi yang dapat diterapkan dengan mempelajari kitab Ta’limul Muta’allim karya Syekh Al-Zarnuji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai religius kitab Ta’limul Muta’allim pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: bagaimana nilai-nilai religius pada kitab Ta’limu Muta’alim ?, bagaimana implementasi nilai-nilai religius kitab Ta’limu Muta’alim pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Diponegoro Banyuputih Kabupaten Batang?, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai religius kitab Ta’limu Muta’alim pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Diponegoro Banyuputih Kabupaten Batang?. Tujuan penelitian adalah : menganalisis nilai religius pada kitab Ta’limul Muta’allim, menganalisis implementasi nilai-nilai religius kitab Ta’limu Muta’alim pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Diponegoro Banyuputih Kabupaten Batang. menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi nilai-nilai religius kitab Ta’limu Muta’alim pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Diponegoro Banyuputih Kabupaten Batang. Kegunaan penelitian ini adalah : Memberikan masukan bagi warga sekolah dalam peningkatan religius (keagamaan) khususnya dalam pembelajaran, Menjadi referensi dalam penelitian sejenis dan perumusan kebijakan oleh fihak - fihak yang memiliki kepentingan dengan pendidikan sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui : interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan : (1) nilai-nilai religius dalam kitab ta’limul muta’allim antara lain : a) Niat yang baik sebelum belajar, b) Berusaha dan berdo’a dalam memahami pelajaran, c) Memiliki motivasi dan cita-cita, d) Belajar secara bertahap dan mengulanginya, e) Bersungguh-sungguh dan tekun dalam belajar, f) Kontinuitas dalam belajar, g) Sabar dan tabah dalam belajar , h) Tawakkal kepada Allah, i) Mendiskusikan Iimu dengan orang lain , j) Sikap wara’ dan menghormati Ilmu serta pemiliknya, k) Sikap kasih sayang terhadap sesama. (2) nilai-nilai religius kitab Ta’limul Muta’allim pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Diponegoro Banyuputih Kabupaten Batang antara lain, : a) Berdo’a sebelum memulai pembelajaran, b). Bertawasul, menghormati Sang pemilik ilmu, c). Pemberian Apersepsi oleh guru sebelum memulai materi yang baru, d) Memberikan motifasi tentang pentingnya ilmu dan mempunyai cita-cita yang tinggi. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambatnya : a) Sumber daya guru dan metode pembelajaran, b) peserta didik dan c) Lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade DediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Religius, Kitab Ta’limul Muta’alim, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 08 Feb 2023 05:09
Last Modified: 08 Feb 2023 05:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2797

Actions (login required)

View Item View Item