Aini, Nur (2014) PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN MULTIPLE INTELLIGENCES ANAK PADA PERIODE GOLDEN AGE DI PAUD MUTIARA BUNDA DESA BAWANG WONOLOBO KEC. BLADO KAB. BATANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2021110263 NUR AINI FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (32MB) |
|
Text
2021110263 NUR AINI BAB I-5.PDF Download (15MB) |
Abstract
Nur Aini (2021110263). Peran Guru dalam Mengoptimalkan Multiple Intelligences Anak pada Periode Golden Age di PAUD Mutiara Bunda desa Bawang Wonolobo Kec.Blado Kab. Batang. Skripsi. Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan. 2014. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang peran puru dalam mengoptimalkan multiple intelligences anak pada periode golden age di PAUD Mutiara Bunda desa Bawang Wonolobo Kec.Blado Kab. Batang dengan alasan bahwa peran para guru di PAUD Mutiara Bunda sangat dibutuhkan dalam rangka mengoptimalkan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) anak-anak desa Bawang Wonolobo Kec. Blado Kab. Batang, khususnya pada periode keemasan (golden age) anak karena orang tua di sana kurang memiliki pengetahuan tentang kecerdasan majemuk maupun cara-cara mengoptimalkannya. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah keadaan multiple intelligences anak di PAUD Mutiara Bunda, peran guru di sana dalam mengoptimalkan multiple intelligences anak pada periode golden age, dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan multiple intelligences anak di PAUD Mutiara Bunda, peran guru di PAUD Mutiara Bunda dalam mengoptimalkan multiple intelligences anak pada periode golden age, dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peran tersebut. Secara teoritis penelitian ini berguna untuk memperkaya khasanah perpustakaan tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan untuk menambah pengetahuan tentang peran guru dalam mengoptimalkan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) anak pada periode keemasan (golden age). Secara praktis dapat dijadikan sebagai alternatif informasi bagi yang berminat mengadakan penelitian tentang multiple intelligences anak pada periode golden age, terutama peran guru dalam mengoptimalkan kecerdasan majemuk anak pada periode keemasan usia mereka melalui proses pembelajaran yang dilakukan di PAUD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik interview/wawancara dan teknik dokumentasi. Dan dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan keadaan multiple intelligences anak di PAUD Mutiara Bunda sudah cukup baik, dan masing-masing memiliki kecenderungan pada kecerdasan tertentu. Dan peran guru PAUD Mutiara Bunda dalam mengoptimalkan multiple intelligences anak pada periode golden age dapat dilakukan dalam berbagai hal, baik dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Dan dalam menjalankan peranannya sebagai guru yang baik, maka banyak cara yang dilakukan oleh guru PAUD Mutiara Bunda dalam mengoptimalkan multiple intelligences anak pada periode golden age, baik dari materi pembelajaran yang diajarkan serta metode pembelajaran yang digunakan. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru dalam mengoptimalkan multiple intelligences anak/siswa di PAUD Mutiara Bunda, baik yang mendukung maupun menghambat bisa berasal dari faktor intern dan ekstern.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Multiple intelligences Golden Age | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Depositing User: | Fakultas Tarbiyah | ||||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2023 07:34 | ||||||||
Last Modified: | 18 Oct 2023 07:34 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2911 |
Actions (login required)
View Item |