Puspitasari, Linda (2014) Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Didik Di SDIT Ulul Albab Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2021110344 LINDA PUSPITASARI BAB 1 - V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (19MB) |
|
Text
2021110344 LINDA PUSPITASARI BAB 1, V DAN LAMP.PDF Download (11MB) |
Abstract
Kecerdasan intrapersonal menunjukan kemampuan seseorang untuk peka terhadap perasaan dirinya sendiri. la cenderung mampu memahami kekuatan maupun kelemahan yang ada pada dirinya sendiri. Kemampuan inteligensi intrapersonal benar-benar penting bagi perkembangan keberhasilan siswa, akan menjadi manusia yang meningkat etikanya, produktif dan kreatif, yang keduanya independen dan kolaboratif. Guru PAI merupakan seorang pendidik yang mengajarkan pendidikan agama islam berkontribusi dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak didik, yang mana PAI sebagai pendidikan yang mengajarkan penanaman nilai-nilai, akhlak, sikap, dan karakter luhur dalah wujud dari kecerdasan intrapersonal. Permasalahan pokok yang ingin dijawab dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak didik di SDIT Ulul Albab Pekalongan? Dan faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung pengembangan kecerdasan intrapersonal anak didik di SDIT Ulul Albab Pekalongan?. Skripsi ini diharapkan dapat berguna secara teoritis dan secara praktis bagi pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan mengenai pengembangan kecerdasan intrapersonal yang nantinya diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Didik di SDIT Ulul Albab Pekalongan adalah melalui proses pembelajaran PA! oleh guru PAI dengan strategi pembiasaan, mengarahkan dan mengajarkan secara lisan, melalui kegiatan tilawah atau MTQ. pemberian tugas berupa catatan harian kegiatan siswa dan pengecekan ibadah siswa, pengadaan persiapan, penggunaan metode pembelajaran, pendekatan kepada siswa, melaksanakan evaluasi, pemberian reward, serta pelaksanaan program-program sekolah seperti mabit atau bermalam di sekolah dan puasa sunnah bersama. Faktor yang mendukung pengembangan kecerdasan intrapersonal anak didik di SDIT Ulul Albab Pekalongan adalah orangtua, guru, sarana dan prasarana, surta program-program sekolah yakni CB (Character Building), puasa sunah bersama, mabit atau bermalam di sekolah, dan super camp. Faktor-faktor yang menghambat pengembangan kecerdasan intrapersonal anak didik adalah karakter siswa yang berbeda-beda dan pemilihan strategi yang tidak tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru PAI Kecerdasan Intrapersonal | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Fakultas Tarbiyah | ||||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2023 07:36 | ||||||||
Last Modified: | 18 Oct 2023 07:36 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2927 |
Actions (login required)
View Item |