Najib, Ainun (2015) Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Kecerdasan Majemuk di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2021110343 AININ NAJIB BAB I-V FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (39MB) |
|
Text
2021110343 AINUN NAJIB BAB I, V, DAN LAMP.PDF Download (26MB) |
Abstract
Banyak definisi tentang kecerdasan. Namun kecerdasan seringkali dimaknai sebagai kemampuan memahami sesuatu dan kemampuan berpendapat. Dalam hal ini kecerdasan dipahami secara sempit sebagai kemampuan intelektual yang menekankan logika dalam memecahkan masalah. Kecerdasan dalam arti ini biasanya diukur dari kemampuan menjawab soal-soal tes standar di ruang kelas (tes 10). Tes tersebut sebenarnya hanya menekankan pada kecerdasan linguistik dan matematis logis saja. Konsep multiple intelligences muncul dengan menitik beratkan pada ranah keunikan selalu menemukan kelebihan setiap anak, Konsep ini percaya bahwa tidak ada anak yang bodoh sebab setiap anak pasti memiliki minimal satu kelebihan (kecerdasan.) Apabila kelebihan (kecerdasan) tersebut dapat terdeteksi sejak awal, otomatis kelebihan itu adalah potensi kepandaian sang anak yang dapat dijadikan dasar untuk melejitkan potensi dan kemampuan yang ada pada anak tersebut. MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni sebagai sebuah lembaga pendidikan dasar menerapkan konsep Sekolahnya Manusia dengan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) sebagai pendekatannya di dalam setiap kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Dari uraian di atas, maka dirumuskan permasalahan yaitu: "Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) yang meliputi perencanaan, proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni?". Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji perencanaan pembelajaran yang dibuat dengan pendekatan kecerdasan majemuk di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni. (2) Untuk mengeksplorasi pelaksanaan prosespembelajaran dengan pendekatan kecerdasan majemuk di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni. (3) Untuk menemukan teknik penilaian yang dipakai dalam strategi pembelajaran dengan pendekatan kecerdasan majemuk di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengambilan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif-induktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Pendekatan Kecerdasan Majemuk | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Depositing User: | Fakultas Tarbiyah | ||||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2023 07:36 | ||||||||
Last Modified: | 18 Oct 2023 07:36 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2928 |
Actions (login required)
View Item |