Sarah, Dewi (2013) Implementasi pelajaran muhadastah dalam meningkatkan maharatul kalam di Pondok Pesantren Modern Gondang Wonopringgo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Other (Thesis PBA)
202509006 DEWI SARAH BAB I - V_1.PDF Download (6MB) |
|
Other (Thesis PBA)
202509006 DEWI SARAH FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Pondok Pesantren Modern Gondang Wonopringgo Pekalongan menggunakan pembelajaran muhadasah dalam rangka meningkatkan maharatul kalam santri dan menciptakan santri yang unggul dalan kebahasaan. Metode Muhadasah yaitu cara emnyajikan bahan pelajarn bahasa arab melalui percakapan, dalam percakapan itu dapat terjadi antara guru dengan murid atau antara murid dengan murid, sehingga dapat memperkaya perbendaharaan kata-kata (Vocabulary). Pondok pesantren tersebut menyajikan pembelajaran muhadasah dengan mencampurkan santri kelas aVII sampai dengan kelas IX di aula. Namun disisi lain, pembelajaran maharatul kalam yang termasuk didalamnya yaitu pembelajaran muhadasah seharusnya dilakukan dengan bertahap. Misalnya, tingkat pertama bagi pemula, tingkat kedua bagi peserta didik lanjut, dan ketiga bagi peserta didik tingkat atas. Hal ini dilakukan karenakan kemampuan dari peserta didik itu masing-masing berbeda. Oleh karena itu, penulis sangat tertarik untuk mengadakan penelitina tentang Implementasi Pembelajaran Muhadasah dalan Meningkatkan Maharatul Kalam di Pondok Pesantren Modern Gondang Wonopringgo Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kalitatif. Adapun metode pengumpul data yang digunakan adalah: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model analisis deskriptif dan menggunakan pola berfikir induktif (dimulai dari fakta-fakta yang khusus, peristiwa-peristiwa yang konkrit kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum) Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran muhadasah sudah dapat dikatakan berjalan dengan semestinya. Meskipun terdapat hal-hal yang kurang tepat dalam pembagian jadwal pelajaran, namun sebagian besar pelajaran yang lain sudah tepat dalam penerapan pembelajaran muhadsah. Seperti : durusul lughah al-‘arabiyyah, pemberian kosa kata isim dan fi’il, evaluasi dengan hiwar bebas. Adapun kendala diatas dapat dibenahi dan dicari solusinya. Seperti adanya pelajaran shorof dapat diganti pada pembelajaran diniyah, bukan pada pembelajaran pendidikan santri. Hal tersebut dapat diatasi dengan memberikan tambahan waktu pembelajaran, tidak mencampurkan santri ke dalam satu ruangan dan dapat dipisah antara tingkat pemula, tingkat lanjut dan tingkat atas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Muhadsah dalam Maharatul Kalam | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2023 02:59 | ||||||||
Last Modified: | 04 Apr 2023 03:43 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2998 |
Actions (login required)
View Item |