Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Jiwa-jiwa Bercahaya karya Wahyudi Asmaramany

Udzma, Nikmatul (2019) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Jiwa-jiwa Bercahaya karya Wahyudi Asmaramany. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalogan.ac.id/

Abstract

Nilai-nilai pendidikan akhlak merupakan konsep-konsep dan cita-cita yang penting dan berguna bagi manusia.Seiring dengan gelombang kehidupan ini, dalam setiap kurun waktu dan tempat tertentu muncul tokoh yang memperjuangkan tegaknya nilai-nilai akhlak.Oleh karena itu, karya sastra termasuk cerpen atau novel dapat dijadikan sebagai media untuk menyampaikan pesan pendidik kepada para pembaca. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Apa saja gambaran umum tentang pendidikan akhlak dalam Novel jiwa-jiwa bercahaya karya Wahyudi Asmaramany? 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam Novel jiwa-jiwa bercahaya karya Wahyudi Asmaramany?Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja pendidikan akhlak yang terkandung dalam Novel Jiwa-jiwa Bercahaya karya Wahyudi Asmaramanydan mendeskripsikannilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Novel Jiwa-jiwa Bercahaya karya Wahyudi Asmaramany. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan objek penelitian adalah kepustakaan dengan sumber primer penelitian yaitu Novel Jiwa-jiwa Bercahaya karya Wahyudi Asmaramany. Proses pengumpulan data dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi, dengan mengungkapkan esensi dari nilai pendidikan akhlak yang tertuang dalam Novel Jiwa-jiwa Bercahaya karya Wahyudi Asmaramany tersebut secara objektif. Dalam menarik sebuah simpulan, digunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pengajaran pendidikan akhlak dalam novel Jiwa-jiwa Bercahaya menggunakan dua metode, nasehat dan keteladanan. Adapun gambaran umum pendidikan akhlak dalam novel Jiwa-jiwa Bercahaya ada empat yaitu; pendidikan akhlak terhadap Allah, pendidikan akhlak terhadap diri sendiri, pendidikan akhlak terhadap keluarga, dan pendidikan akhlak terhadap sesama manusia. Nilai-nilai pendididkan akhlak yang terkandung dalam Novel Jiwa-jiwa Bercahaya karya Wahyudi Asmaramany adalah sebagai berikut: 1) nilai pendidikan akhlak terhadap Allah Swt yang meliputi; taat, taubat, syukur, tawakkal, dan husnudzan 2) nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri yang meliputi; al-iffah, sabar, rendah hati, amanah, berani, disiplin, kerja keras, mandiri, tanggung jawab, ikhlas, dan pantang menyerah 3) nilai pendidikan akhlak terhadap keluarga yang meliputi; berbakti kepada orang tua, mendidik dan membina keluarga, mencintai anggota keluarga 4) nilai pendidikan akhlak terhadap sesama manusia yang meliputi; toleransi, tolong-menolong, pemurah, santun dan ramah, pemaaf, bersikap baik, dan saling memberikan nasihat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Akhlak, Novel Jiwa-jiwa Bercahaya
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 22 Apr 2020 05:53
Last Modified: 22 Apr 2020 05:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item View Item