Efektivitas Metode Bernyanyi Dalam Penguasaan Mufradāt Bahasa Arab Pada Kelas X Di MAN Batang

Utami, Halimah Rizqi (2023) Efektivitas Metode Bernyanyi Dalam Penguasaan Mufradāt Bahasa Arab Pada Kelas X Di MAN Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Skripsi bab 1-5 .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full skripsi_Halimah (2) (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Full skripsi_Halimah (2) (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi bab 1-5 .pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam praktiknya, banyak rintangan yang dihadapi dalam belajar bahasa Arab. Meskipun bahasa Arab dicantumkan sebagai mata pelajaran tersendiri di sekolah, namun masih banyak peserta didik yang sulit memahaminya, apalagi menguasai materi dan mufradāt bahasa Arab yang diajarkan oleh pendidiknya. Mereka menganggap bahasa Arab sebagai pelajaran yang ditakuti karena terlalu dibebani dengan rangkaian hafalan mufradāt bahasa Arab. Lebih mudah bagi peserta didik untuk mengingat, ketika pelajaran itu menyenangkan dan menghibur daripada mendengarkan ceramah yang serius. Salah satu cara menyenangkan untuk melakukannya adalah dengan bernyanyi. Dengan bernyanyi, peserta didik menjadi lebih rileks dalam belajarnya, dan peserta didik secara tidak langsung menghafal mufradāt bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode bernyanyi dalam penguasaan Mufradāt bahasa Arab peserta didik kelas X di MAN Batang. Peneltian ini merupakan peneltian kuantitatif yang dilakukan di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Batang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Efektivitas Metode Bernyanyi dalam Penguasaan mufradāt Bahasa Arab pada Kelas X di MAN Batang menyimpulkan bahwa, metode bernyanyi dapat dikatakan efektif dan menyenangkan. Hal ini terlihat dari hasil analisis data yaitu hasil uji t-paired sample test peserta didik hanya mencapai ketuntasan nilai 4,402 > 2,064. Jadi Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi efektif dalam meningkatkan penguasaan mufradāt peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTaufiqurrahman, M.Sy, TaufiqurrahmanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Mufradāt Bahasa Arab, Metode Bernyanyi
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:42
Last Modified: 18 Oct 2023 07:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3010

Actions (login required)

View Item View Item