Damayanti, Dhea Aulia (2023) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kepatuhan Syariah Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia Dari Penerapan Strategi E-Channel. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan permasalahan dimana nasabah BSI merasa mengalami kesulitan dalam memahami sistem transaksi pada bank syariah dan memilih menggunakan layanan dari bank lain. Penelitian ini dilakukan dengan analisa pada faktor-faktor yang diyakini dapat mendeterminasi kepuasan dan loyalitas nasabah BSI khususnya dari diterapkannya strategi e-channel. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisa pengaruh variabel kualitas layanan, kepatuhan syariah dan perceived usefulness terhadap loyalitas nasabah secara langsung maupun melalui mediasi kepuasan nasabah pada nasabah pengguna e-channel Bank Syariah Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling yaitu random sampling pada nasabah aktif BSI sebanyak 200 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden yang telah memenuhi syarat sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan yaitu SEM (Structural Equation Modeling) dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Adapun tahapan dalam analisis data meliputi statistik deskriptif, Uji Outer Model (uji validitas konvergen, uji validitas diskriminan, dan uji reliabilitas) Evaluasi Uji Inner Model (R-Square, VIF, F-Square, Model Fit, direct effect dan indirect effect). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah dan melalui mediasi kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Perceived usefulness berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah dan melalui mediasi kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Kepatuhan syariah tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan tanpa mediasi kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Banyak dari responden yang terpilih menjadi sampel penelitian merupakan nasabah yang diharuskan menggunakan layanan digital bank syariah karena alasan pendidikan ataupun pekerjaan.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | kualitas layanan, kepatuhan syariah, perceived usefulness, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah dan e-channel. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 290 Other Religions (Agama Selain Kristen) > 297.273 Islam and Economics/Islam dan Ilmu Ekonomi 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.17 Banking Services/Layanan Bank |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with email nasrul@uingusdur.ac.id | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 May 2023 09:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 May 2023 09:40 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3082 |
Actions (login required)
View Item |