Peran Majelis Ta’lim As Salafiyah dalam pembinaan karakter remaja putri di Desa Kalipucang Wetan Kecamatan Batang Kabupaten Batang

Mutmainah, Mutmainah (2019) Peran Majelis Ta’lim As Salafiyah dalam pembinaan karakter remaja putri di Desa Kalipucang Wetan Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Pendidikan merupakan media yang paling efektif dalam mewujudkan berbagai tujuan, termasuk dalam mencetak manusia- manusia yang memiliki karakter. Membicarakan karakter merupakan hal yang sangat penting dan mendasar. Pendidikan di Desa Kalipucang Wetan Batang bisa dikatakan sangat minim. Para orang tua beranggapan bahwa pendidikan bagi anak perempuan itu tidak penting. Bagi mereka yang terpenting adalah pendidikan keagamaan. Sehingga banyak anak yang hanya mengeyam pendidikan sampai SMP saja. Setalah itu mereka bekerja, bahkan ada yang melanjutkan ke pondok pesantren. Pendidikan tidak diperoleh dari pendidikan formal saja namun bisa juga pendidikan non formal seperti majelis, pondok pesantren dan lain –lain. Dari minimnya pendidikan formal remaja di Desa Kalipucang Wetan Kecamatan Batang Kabupaten Batang saya mengangkat judul “ Peran Majelis Ta’lim dalam Pembinaan Karakter Remaja Putri di Desa Kalipucang Wetan Kecamatan Batang Kabupaten Batang”. Permasalahan dalam skripsi ini meliputi : Pertama, Bagaimana aktivitas Majelis Ta’lim As- Salafiyah dalam membentuk karakter remaja di desa Kalipucang ?. Kedua , Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mempengaruhi pembentukan karakter remaja melalui aktivitas Majelis ta’lim As-Salafiyah di desa Kalipucang Wetan? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas Majelis Ta’lim As-Salafiyah dalam menanamkan Karakter remaja putri di desa Kalipucang Wetan . kemudian mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mempengaruhi aktivitas Majelis Ta’lim dalam membentuk karakter remaja putri di desa Kalipucang Wetan . Metode penelitian: menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian dengan menghasilkan data- data deskriptif, berupa kata- kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan : Metode Observasi, Medote Wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil Penelitian : Peran Majelis Ta’lim dalam pembinaan karakter remaja putri di desa Kalipucang Wetan, banyak kegiatan yang diadakan di Majelis Ta’lim sangat mempengaruhi karakter remaja putri di desa Kalipucang Wetan kecamatan Batang Kabupaten Batang, dengan mengikuti kegiatan di majelis ta’lim, selain belajar ilmu agama seperti ilmu usul fiqih, tasawuf, tetapi juga ada kegiatan menghafal kitab tarajumah dan khithobah. Di dalam kegiatan khithobah jama’ah putri khususnya remaja putri bisa mengasah mentalnya. Tidak hanya mengasah mental tapi juga menorehkan prestasi. Mereka juga lebih berkarakter setelah mengikuti kegiatan yang diadakan di Majelis Ta’lim. Analisis penelitian Jama’ah remaja putri di Desa Kalipucang Wetan yang mengikuti kegiatan majelis ta’lim sangat berbeda dengan remaja putri yang tidak aktif mengikuti kegiatan di Majelis Ta’lim, Mereka yang aktif mengikuti kegiatan di Majelis ta’lim cenderung lebih memiliki karakter yang kuat dan baik. Dibanding dengan remaja putri yang tidak aktif mengikuti kegiatan di Majelis t’lim.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Majelis Ta’lim, Karakter, Remaja
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 22 Apr 2020 06:51
Last Modified: 04 May 2020 05:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item