Pengaruh Pemerintah Kolonial Belanda Terhadap Sistem Pendidikan Islam di Indonesia

Janah, Samrotul (2012) Pengaruh Pemerintah Kolonial Belanda Terhadap Sistem Pendidikan Islam di Indonesia. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (11MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

... Kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia dengan misi kristenisasi dan westemisasi telah membawa dampak yang sangat merugikan bagi rakyat Indonesia, termasuk di dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkan seperti: peraturan tentang ordonansi guru tahun 1905 dan tahun 1925,kebijakan sekolah liar tahun 1632 yang artinya membatasi ruang gerak pertumbuhan pendidikan agama Islam yang sudah berakar lama sebelum Belanda menjajah Indonesia, dengan pendidikan pesantren sebagai pendidikan pertama di Indonesia, Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pendidikan Islam di Indonesia? Bagairnana kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial Belanda terhadap pendidikan di Indonesia? Bagaimana pengaruh pemerintah kolonial Beland a terhadap sistem pendidikan Islam di Indonesia?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pemerintah kolonial Belanda terhadap sistern pendidikan Islam di Indonesia, Sedangkan kegunaan . yang ingin penulis capai dalam penelitian ini adalah sebagai bahan untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi penulis serta dalam rangka memperkaya khasanah historiografi Indonesia, khususnya mengenai pengaruh pemerintah. kolonial Belanda terhadap sistcm pendidikan Islam di Indonesia, dan hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi orang yang berminat meneliti perkembangan pendidikan Islam sebagai sarana yang telah berperan dalam mengisi mata rantai Sejarah Pendidikan Nasional. .. Dalam skripsi ini, penulis menggunakan jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan), yaitu dengan menelaah buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan skripsi. Dalam penulisan ini penulis menggunakan dua sumber data yaitu: sumber data primer dan sumber data sekunder, kemudian data• data tersebut penulis kumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Setelah data-data terkumpul, penulis analisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Dari penelitian yang telah penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa : adanya peraturan seperti adanya ordonansi guru dan ordonansi sekolah liar ini tidak 111e111buat umat Isla111 patah semangat, melainkan menjadi pemicu untuk mengembangkan pendidikan yang didirikan agar dapat bersaing dan dapat diterima oleh pemeintah Hindia Belanda dan masyarakat.Dengan demikian,Pendidikan Islam mulai menyesuaikan dengan pendidikan yang dikelola pemerintah baik itu sistem 111aupu11 mctodc pengajarannya, sehingga muncullah lembaga pendidikan yang disebut dengan madrasah, sekolah-sekolah u111u111 dau sekolah kejuruan yang berlabcl Isla111. Sistern pendidikan Islam mulai berkembang dari sistem individual dan kelompok dengan metode pengajaran sorogan dan halaqoh menjadi sistem klasikal dan berjenjang dengan kurikulum yang disesuaikan dengan pendidikan yang dikelola pemerintah dengan tetap memberikan pelajaran agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatikhah, FatikhahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh pemerintah kolonial belanda
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 29 May 2023 07:08
Last Modified: 29 May 2023 07:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3184

Actions (login required)

View Item View Item