Kholidin, Slamet (2012) Peran Keteladanan Guru Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di SD negeri Toso 01 kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
i-v.pdf Download (12MB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (32MB) |
Abstract
Kemerosotan akhlak yang terjadi belakangan ini rnembuat semua kalangan merasa sangat prihatin, termasuk para pendidik. Keteladanan guru, dirasa cocok untuk menangani permasalahan tersebut. Sifat, sikap dan prilalcu pendidik harus menjadi teladan bagi peserta didik dan pendidik harus mawas diri, bahwa steiap gerak gerik selalu diperhatikan peserta didik. Proses pemberian contoh yang dilakukan pendidik diharap dapat membentuk akhlak peserta didik menjadi lebih baik. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana bentuk-bentuk keteladanan guru di SD Negeri Toso O l Kee. Bandar Kab, Batang, Bagaimana peranan guru dalam pembentukan akhlak peserta didik di SD Negeri Toso 01 Kee. Bandar Kah. Batang, Apa sajakah faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses pembentukan akhlak bagi peserta didik di SD Negeri Toso 01 Kee. Bandar Kah. Batang, Tujuan penulisan skripsi ini adalah Untuk mengetahui bentuk-bentuk keteladanan guru di SD Negeri Toso 01 Kee. Bandar Kab, Batang, Untuk mengetahui peranan guru dalam pembentukan akhlak peserta didik di SD Negeri Toso 01 Kee. Bandar Kah. Batang, Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses pembentukan akhlak bagi peserta didik di SD Negeri Toso 01 Kee. Bandar Kab. Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. dengan menggunakan analisis data berupa deskriptif kualitatif Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interviu dan dokumentasi. .. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SD Negeri Toso 01 Kee. Bandar Kab. Batang dapat disimpulkan bahwa Bentuk-bentuk keteladanan dalam proses pembentukan Akhlak peserta didik di SD Negeri Toso 01 Bandar diantaranya. adalah • kedisiplinan, kesabaran, cara berpakaian, cara berbicara, kesederhanaan penampilan, jujur dan adil. Dari penerapan bentuk-bentuk keteladanan ini, peserta didik memiliki kebiasaan yang bailc, sehingga secara otomatis peserta didik memiliki akhlak yang baik. Peran guru dalam pembentukan akhlak peserta didik di SD Negeri Toso 01 Bandar adalah membimbing dan memotivasi, dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, meniamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai. Faktor pendukung dalam pembentukan akhlak peserta didik di SD Negeri 01 Bandar adalah orang tua, lingkungan religius, .adanya partisipasi aktif dari pihak orang tua dan masyarakat serta lingkungan yang kondusif. sedangkan faktor penghambat pembentukan akhlak peserta didik di SD Negeri Toso 01 adalah kemajuan teknologi, kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, pergaulan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | : Peran, Keteladanan, Pembentukan akhlak | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Jun 2023 01:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Jun 2023 01:57 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3189 |
Actions (login required)
View Item |