Rizal, Abu (2014) Peran Kepala Madrasah dalam Mengelola Sistem Kerja Pendidik di MIS Rembun Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
i-v.pdf Download (14MB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (35MB) |
Abstract
Peranan kepala Madrasah sebagai pemimpin mencerminkan tanggung jawab kepala Madrasah untuk menggerakkan seluruh sumber daya yang ada di Madrasah. Di MIS Rembun ini, sistem kerja para pendidik dalam kinerjanya menurun. Sehingga, perlu adanya peran kepala madrasah dalam mengelola sistem kerja pendidik di MIS Rembun Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan. Karena, peningkatkan kualitas pembelajaran terutama dari aspek sistem kerja pendidik merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam suatu proses belajar mengajar untuk meningkatkan mutu pendidikan. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: Bagaimana pola kerja Kepala Madrasah di MIS Rembun Siwalan? Bagaimana sistem kerja Kepala Madrasah di MIS Rembun Siwalan? Bagaimana peran Kepala Madrasah dalam mengelola sistem kerja pendidik di MIS Rembun Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola kerja Kepala Madrasah di MIS Rembun Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui sistem kerja Pendidik di MIS Rembun Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui peran Kepala Madrasah dalam mengelola sistem kerja pendidik di MIS Rembun Siwalan Kabupaten Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi clan dokumen resmi lainnya. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa metode untuk mengumpulkan data-data yaitu teknik observasi, teknik interview, dan teknik dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif yang di lakukan melalui tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil beberapa kesimpulan yang merupakan jawaban atas rumusan masalah, adapun kesimpulan dari hasil penelitiannya adalah pola kerja sesuai dengan teori psikologis dan teori sosiologis yang dikemukakan oleh G.R Terry, dalam teori psikologis kepala MIS Rembun selalu memberikan motivasi terbaik, pemimpin merangsang bawahanya untuk bekerja ke arah pencapaian sasaran-sasaran organisatoris maupun untuk memenuhi tujuan-tujuan pribadi mereka. Sedangkan, dalam teori sosiologis, kepala MIS Rembun Siwalan kabupaten Pekalongan selalu mengikutsertakan para bawahannya dalam mengambil segala keputusan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Madrasah, Sistem Kerja Pendidik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 13 Jun 2023 08:45 | ||||||||
Last Modified: | 13 Jun 2023 09:44 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3198 |
Actions (login required)
View Item |