Miftahulum, Miftahulum (2014) Strategi Pcmbelajaran Fiqih Kelas 6 di MII Kambangan Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
i-v.pdf Download (22MB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (45MB) |
Abstract
Fiqih merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah dan menjadi salah satu mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), selain itu fiqih merupakan mata pelajaran sebagai pedoman seorang muslim dalam menjalankan kehidupan sehari• hari di lingkungan masyarakat, sehingga dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat dalam penyampaian materi pelajaran agar peserta didik MI yang berlatar belakang berbeda (kecerdasan, motivasi belajar, dan psikologi) dapat menerima dan mernaharni inti dan tujuan pernbelajran fiqih dengan maksimal. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya vaitu bagaimana strategi pembelaiaran fiqih di MII Kambangan? Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Iiqih di MII Kambangan? Faktor-faktor apa saja ya11g mernpengaruhi penerapan strategi pembelajaran fiqih kelas 6 di Mii Kambangan? .Tujuannya untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajarannya dan penerapannya, serta faktor apa saja yang rnernpengaruhi penerapan strategi pembelajaran fiqih kelas 6 di Mil Kambangan. Kegunaannya secara teoritis dapat menambah dan memperkaya khazanah keilrnuan khususnya tentang strategi pembelajaran fiqih. Dan secara praktis bagi penulis menambah wawasan pengetahuan dan pengembangan pola berfikir logis, analisis dan kreatif mengenai pokok permasalahan penelitian. Bagi guru, dapat memberikan masukan mengenai kekurangan dalam pembelajaran fiqih. Bagi orang tua dapat menjadi masukan bahwa salah satu wujud keberhasilan dari tujuan pengajaran mata pelajaran fiqih dipengaruhi oleh banyak faktor dan salah satunya adalah faktor dari dalam diri siswa yang dapat berupa rninat belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data yang diperlukan digali dengan metode observasi,interviu dan dokumentasi. Adapun metode analisis datanya melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan rnenyimpulkan (verifikasiy data Hasil penelitian ini adalah ( 1) Strategi pembelajaran fiqih di MII Kambangan dilakukan dengan langkah menentukan tujuan pembelajaran, memilih sistem pendekatan pcmbelajaran, 1ne11e11tt1ka11 prosedur metode dan teknik pembelajaran.dan melakukan cvaluasi. (2) Dalam penerapan strategi pembelajaran fiqih kelas 6 di f\111 Ka111ba11ga11 dipadukan beberapa metode pembelajaran yang satu clengan stratcgi pembelajaran yang lain. Media yang digunakan untuk mendukung penerapan strategi pembelajaran fiqih di Mll Kambangan adalah media audio visual (LCD): meskipun masih terdapat kekurangan sarana lain yaitu pengeras suara. (3) Faktor yang mernpengaruhi penerapan strategi pernbelajaran fiqih kelas 6 di Mii Kambangan adalah guru, sarana prasana, siswa, materi, lingkungan, dan waktu yang tersedia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran dan Fiqih | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:51 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jun 2023 07:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3212 |
Actions (login required)
View Item |