Zahro, Tis'atus (2013) Upaya Pengelolaan Emosi Siswa Melalui Pembelajaran Character Building Di SDIT Ulul Albab Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
i-v.pdf Download (19MB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (39MB) |
Abstract
Pengelolaan emosi merupakan hal yang penting untuk membuat anak menjadi anak yang mempunyai perilaku baik khususnya mengendalikan diri. Pengendalian diri tersebut berkaitan erat dengan karakter yang ditanamkan di sekolahnya. Sebagai Jingkungan pendidikan sekolah sangat penting dalam mengembangkan pengelolaan emosi siswanya agar siswa dapat mengontrol emosi. Oleh karena itu diperlukan strategi yang dilakukan guru untuk mengelola emosi siswanya dengan baik. Penelitian ini menjawab permasalahan bagaimana upaya pengelolaan emosi siswa melalui pembelajaran character building di SDIT Ulul Albab Pekalongan? Sedangkan tujuan penelitian ini ada1ah untuk mengeksplorasi upaya pengelolaan emosi siswa khususnya pengendalian diri rnelalui pembelajaran character building di SDIT Ulul Albab Pekalongan, Penelitian ini merupakan jenis penelitian Iapangan yang menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif karena data ini berupa data kualitatif berupa uraian• uraian atau teks lisan yang diperoleh dari berbagai sumber. Dengan cara data-data khusus terlebih dahulu dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran character building di SDIT Ulul Albab Pekalongan bertujuan untuk membentuk karakter siswa agar mempunyai perilaku baik dan mempermudah guru untuk mengontro) perilaku siswa. Materi-materi dan metode pembelajaran character building sangat mendukung membentuk siswa untuk bisa mengendalikan diri, Adapun upaya yang dilakukan guru untuk mengelola emosi siswa dilakukan melalui pembelajaran character building dengan nasihat, games, pengawasan, pemberian hadiah, memberi perhatian, membiasakan siswa untuk ikhlas meminta dan memberi maaf. Sedangkan pengintegrasian di lingkungan sekolah melalui keteladanan, pembiasaan dan pengkondisian lingkungan, Pembelajaran character building ini dan pengintegrasian lingkungan seko1ah saling melengkapi. Dengan diterapkannya sebagai upaya pengelolaan emosi siswa tersebut, siswa menjadi lebih bisa untuk mengendaJikan diri, dapat mengelola konflik, mudah meminta dan memberi maaf, selain itu siswa memiliki kemampuan mengelola emosi lebih baik dari kondisi sebelumnya .
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan emosi dan pembelajaran character building | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2023 11:04 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2023 11:04 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3223 |
Actions (login required)
View Item |