Upaya Menumbuhkan Keberanian Bertanya Peserta Didik Dalam Pembelajarann Dengan Menggunakan Strategi PAIKEM Everyone Is A Teacher Here (Studi Tindakan di MI Muhammadiyah Pamutih Ulujami Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013)

Mutakin, Zaenal (2013) Upaya Menumbuhkan Keberanian Bertanya Peserta Didik Dalam Pembelajarann Dengan Menggunakan Strategi PAIKEM Everyone Is A Teacher Here (Studi Tindakan di MI Muhammadiyah Pamutih Ulujami Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (19MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada dasamya pendidikan adalah laksana eksperimen yang tidak pernah selesai sampai kapanpun, sepanjang ada kehidupan manusia di dunia ini. Dikatakan demi.kian, karena pendidikan merupakan bagian dari kebudayaan dan peradaban manusia yang terns berkembang. Ha] ini sejalan dengan pembawaan manusia yang memiliki potensi kreatif dan inovatif dalam segala bidang kehidupannya. Rumusan masalah - dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan strategi PAIKEM Everyone J.5 A Teacher Here di MI Muhammadiyah Pamutih Ulujami Pemalang? dan (2) Apakah pembelajaran dengan menggunakan Adapun penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menerapkan strategi PAIKEM everyone is a teacher here (setiap murid sebagai guru) (2) Menumbuhkan keberanian berlanya peserta didik dalarn pernbelajaran dengan rnenerapkan strategi PAIK.EM everyone is a teacher here (setiap murid sebagai guru). Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus rnencakup ernpat tahapan kegiatan yaitu (l) Perencanaan (planningi (2) Pelaksanaan tindakan (acting) (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflecting). Dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas dipilih sebagai upaya a yang didapatkan adalah data kualitatif yang terdiri dari basil observasi terhadap pelaksana proses pembelajaran dan basil wawancara terhadap subjek penelitian yaitu guru dan pcscrta didik, pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi PAIKEM everyone is a teacher here dapat menurnbuhkan keberanian bertanya peserta didik dalam pembelajaran, terbukti dengan meningkatnya kuantitas siswa yang berani mengungkapkan pertanyaan saat pembelajaran berlangsung yaitu pada pra siklus nilai prosentase keaktifan peserta didik rata-rata 14,2 %, kemudian setelah dilaksanakan tindakan yang terdapat pada siklus I nilai rata-rata 55 ~lo dan pada siklus JJ nilai rara-rata 82,2 %. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan peserta didik untuk bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan gagasan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan keberanian bertanya peserta didik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Menumbuhkan Keberanian Bertanya , Strategi PAIKEM
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:44
Last Modified: 20 Jun 2023 01:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3225

Actions (login required)

View Item View Item