Pelaksanaan program remedial pada mata pelajan pai kelas Xl di SMK Nurul Ummah Paninggaran Pekalongan

NISFARUROH, NISFARUROH (2015) Pelaksanaan program remedial pada mata pelajan pai kelas Xl di SMK Nurul Ummah Paninggaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
20210944 NISFARUROH BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
20210944 NISFARUROH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pemberian program pembelajaran remedial dilandasi atas latar belakang bahwa pendidik perlu memperhatikan perbedaan individual peserta didik bukan sekedar melaksanakan ujian ulangan untuk memperbaiki nilai, tetapi merupakan suatu proses pembelajaran kembali pada materi yang belum dikuasai peserta didik, artinya tidak semua materi diremedialkan, tetapi hanya materi yang belum dikuasai peserta didik karena semua peserta didik belum tentu mengalami ketuntasan yang saran terhadap materi yang diajarkan. SMK Nurul Ummah Paninggaran telah dilaksanakan program Pengajaran Remedial sebagai sagian dari kegiatan proses belajar mengajar yang diselenggarakan di sekolah tersebut. Program pengajaran ini dijadikan sebagai salah satu program atau cara yang dapat meningkatkan prestasi belajar bagi siswa SMK Nurul Ummah Paninggaran dari segi prestasi belajanya yang masih berada dibawah standar keberhasilan yang telah ditetapkan oleh guru sebelumnya, sehingga dengan diterapkannya program pengajaran remedial ini diharapkan dapat tercapai prestasi belajar yang maksimal, sesuai yang diharapkan oleh sekolah.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program remedial pada mata pelajaran PAI kelas XI SMK Nurul Ummah Paninggaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengeksplorasi langkah awal pelaksanaan program remedial Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Nurul Ummah Paninggaran dan untuk mengeksplorasi Pelaksanaan program Remedial Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Nurul Ummah Paninggaran. Kegunaan peneltiian adalah dapat memberikan masukan kepada guru atau calon guru bahwa dalam pengajaran remedial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pcndekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan metode indukti f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengajaran remedial Pendidikan Agama Islam di SMK Nurul Ummah Paninggaran Pekalongan dapat membantu siswa dalam mencapai KKM yang telah ditentukan, namun pada pelaksanaan pengajaran remedial tersebut guru belum melaksanakannya dengan baik yaitu masih belum sesuai dengan teori yang sudah ada dimana guru belum maksirnal dalam mendiagosa siswa yang mengalarni remedial sehingga bantuan penanganan yang diberikan belum sesuai maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program Remedial Pada Mata Pelajaran PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:55
Last Modified: 14 Jul 2023 08:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3234

Actions (login required)

View Item View Item