Meningkatkan Pembelajaran al-Qur'a Hadits Dengan Model Cooperative Learning Tipe Team Game Tournamen(TGT) Pada Siswa elas V MI Islamiyah Clapar Subah Batang Tahun Pelajaran 2013/2014

Muhtadin, Muhtadin (2014) Meningkatkan Pembelajaran al-Qur'a Hadits Dengan Model Cooperative Learning Tipe Team Game Tournamen(TGT) Pada Siswa elas V MI Islamiyah Clapar Subah Batang Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (THESIS)
2021311059 MUHTADIN BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (7MB)
[img] Other (THESIS)
2021311059 MUHTADIN FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang maslab judul skripsi ini adalah brhwa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di MI Islamiyah Claoar ma ih menggunakan metode klasik yaitu metode ceramah, tanya jawab dan penugas sehingga dalam proses pembelajarannya siswa banyak yang rnerasa bosan dan kuru.g memperhatikan materi pernbelajaran. Peneliti ingin mencoba u ituk menerapkan model pembelajaran cooperatif learning tipe Team Game Tdurnat.. em fT<JT) dengan harapan pembelajaran Al-Qur'an Hadist akan meningkat. Rumusan masalahnya adalah bagaimana penerapan model pembekjaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (J'G1) dalam pc mpelajarnn Qur'an Hadist Kelas V di MI Islamiyah Clapar Subah Batang? Bag.ii"lana peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an kelas V Ml Islamiyah Cla!ar Subah dalam pembelajaran Qur'an Hadist melalui model pembelajaran kcoperatif tipe Team Game Tournament (I'GT)? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament ([GT) dalam pembelajaran Qur'an Hadist dan peningkatan kemam iuan membaca Al• Qur'an kelas V MI Islamiyah Clapar Subah dalam pembelaj :114n Our'an Hadist melalui model pembelajaran kooperatiftipe Team Game Tournament (l'GT). Pendekatan penelitiau yang digunakan adalah ku intitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrun rer yang :l igunak'm berupa perangkat pembelajaran, lembar observasi (untuk mengetahui motivasi siswa), lembar wawancara, catatan Japangan, Jembar soal tes dan doki.mentasi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi (aktivitas siswa) aan .es forma.if Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas V MI Islamiyah Clapar, Suhah, Batang semester genap 2013/2014 yang berjumlah19 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis nilai tes fonnatif menggunakan kriteria kelu1usan belajar Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperat.f une Team Game Tournament (JYJT) dapat meningkatkan prestasi belajar Al-Qur rn Hadist siswa Kelas V MI Islamiyah Clapar Kecamatan Subah K'bupaten Batat.g hal ini dibuktikan dengan meningkatnya siswa yang tuntas belajar diiihat dari perhitungan dari tesfomatif dari prasiklus rerata skorya itu 69 dan daya . e.ap klasilcal 37,5%, kemudian pada siklus I meningkat yaitu rerata skor 71,56 dan daya serap klasikal 50%, serta meningkat lagi pada siklus II rer ta skor menjadi 97 ,64 dan daya serap klasikal menjadi 87 ,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Pembelajaran Model Cooperatif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:42
Last Modified: 11 Jul 2023 08:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3238

Actions (login required)

View Item View Item