Hanimah, Ida (2014) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Di MIS Menjangan Bojong Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Other (THESIS)
2021311120 IDA HANIMAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (8MB) |
|
Other (THESIS)
2021311120 IDA HANIMAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi oleh kecerdasan interpersonal tidak dibawa sejak lahir maka untuk memperolehnya harus diasah dan dikernbangkan oleh dirinya sendiri dalarn pembelajaran yang berkesinambungan. Anak perlu dilatih untu mengembangkan kecerdasan interpersonalnya dengan bantuan orang tua, para pendidik maupun masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu, peran lembaga pendidikan di sini sangat dibutuhkan untuk membantu mengembangkan kec~~dasan interpersonal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di MJS Menjangan Bojong Pekalongan, bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di MIS Menjangan Bojong Pek!longan. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di MIS Menjangan Bojong Pekalongan, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penihambat upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di Ml~ Menjangan Bojong Pekalongan. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan pendidikan dalam bidang psikologis, khususnya tentang kecerdasan interpersonal anak dan secara praktis penelitian ini berguna bagi sekolah, hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi sekolah; basil penelitian ini dapat dija~ikan bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan dan pedoman bagi sekolah dalam upaya peningkatan kecerdasan interpersonal anak dan bagi orang tua dan pendidik; hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam mendidik dan membimbing siswa untuk memiliki kecerdasan interpersonal yang ting. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan pendekatan kuaptatif yang bersifat deskriptif Penelitian ini mempunyai ciri-ciri; ( l ) naturalistic; (2) kerja lapangan; (3) instrumen utamanya manusia, dan ( 4) sifatnya deskriptif Adapun metode yang digunakan adalah metode wawancara,observasi, dan metode dokumentasi. Basil analisis yang dilakukan penulis menyatakan bahwa Upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di MIS Menjangan Bojong sejauh ini sudah berjalan dengan baik meskipun dalam pelaksanaannya masih perlu peningkatan baik dari segi manajemen, metode dan pendekatan yang digunakan dalam rangka menumbuhkan kecerdasan interpersonal siswa di MIS Menjangan Bojong Pekalongan. Adapun diantara upaya guru MIS Menjangan dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa yaitu melalui pendidikan karakter dalam kurikulum, memberi kebebasan mengungkapkan masalah, pendekatan personal dan bermain, penanaman nilai-nilai moralitas Islam, belajar menyelesaikan konflik, membiasakan berbagi dengan sesama, dan menumbuhkan sikap kerjasarna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Interpersonal siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:30 | ||||||||
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:30 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3288 |
Actions (login required)
View Item |