Sofwanhadi, Sofwanhadi (2014) Strategi Guru Dalam MemotivasiBelajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas III MIS Kuripan Lor Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Other (THESIS)
2021311125 SOFWAN HADI BAB I,V DAN LAMP.PDF Download (5MB) |
|
Other (THESIS)
2021311125 SOFWAN HADI FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu asoek yang sangat urgen untuk mengembangkan potensi dan pribadi seseorang agar dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Pada umumnya pendidikan diselenggarakan untuk memenuhi tuntutan masyarakat. Oleh karena itu, setelah lulus diharapkan anak dapat membantu mengembangkan masyarakat atau ikut serta ambil bagian dalam rnemenuhi kebutuhan demi kesejahteraan rnasyarakat. Salah satu prinsip dalam melaksanakan pendidikan adalah siswa secara aktif mengambil bagian dalam kegiatan yang dilaksanakan. Untuk dapat melaksanakan suatu kegiatan pertama-tama harus ada pendorong untuk rnewujudkan kegiatan itu, atau dengan kata lain, untuk dapat melakukan sesuatu hams ada motivasi. Dalam pengelolaan pendidikan tidak akan terlepas dari adanya rencana pengajaran yang termasuk di dalamnya adanya strategi. T erkait dengan strategi ini erat kaitannya dengan materi pelajaran. karena berhasil tidaknya kegiatan pembelajaran pendidikan banyak dipengaruhi oleb bagaimana strategi pengajaran tersebut diterapkan, di mana seorang guru menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dan dituntut untuk bisa menerima materi pelajaran dari guru. Dalam ha] ini keberadaan guru dituntut untuk bisa memvariasikan strategi dalam mengajar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana motivasi be1ajar siswa pada mata pelajarar; Aqidah Akhlak kelas III di MIS Kuripan Lor kota Pekalongan? 2. Bagaimana strategi yang diterapkan oleh guru untuk memotivasi belajar siswa pada mata pe1ajaran Aqidah Akhlak kelas III MIS Kuripan Lor kota Pekalongan? Penelitian yang dilakukan penulis ini termasuk penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode interview, observasi clan dokumentasi, Sedangkan untuk ana!isis data nya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait. Baik yang tertulis maupun lisan dari objek peneli.ian yang ada di ]embaga pendidikan MIS Kuripan Lor Kota Pekalongan yang te1ah cliamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa kelas III tercennin pada akhlak para siswa yang mzna siswa selalu ta 'zim kepada guru• gurunya dengan bersalaman setiap berjumpa. Artinya bahwa memotivasi belajar siswa kelas III MIS Kuripan Lor itu tidak hanya berbentuk nila-nilai angka seperti yang ada di raport. Namun lebih dari itu, juga berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat dan memang hal inilah yang sangat diharapkan oleb :\1IS Kuripan Lor Kata Pekalongan untuk menjadikan manusia-manusia yang berakhlakul karimah karena sesuai clengan visi clan misi MIS Kuripan Lor Kota Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:59 | ||||||||
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:59 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3294 |
Actions (login required)
View Item |