Implementasi buku "membaca itu mengasyikkan" sebagai media dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini TK Plus Al Burhan Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan

Munaya, Nailin (2014) Implementasi buku "membaca itu mengasyikkan" sebagai media dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini TK Plus Al Burhan Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021210213 NAILIN MUNAYA BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (6MB)
[img] Other (Thesis)
2021210213 NAILIN MUNAYA BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT (Done).PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar anak yang diharapkan oleh banyak orang tua dapat berkembang ketika anak mereka lulus TK, kemampuan ini juga sering menjadi persyaratan untuk masuk SD. Walaupun hal ini bisa dikatakan salah kaprah, tetapi begitulah realitanya. Sehingga mau tidak mau lembaga TK mulai mengajarkan kemampuan membaca di TK, ironisnya, jika implementasinya keliru maka hal ini akan berdampak kurang baik pada perkembangan selanjutnya. Untuk itulah, sambil memberikan pemahaman kepada orang tua tentang esensi pendidikan TK sebenarnya yaitu pengembangan lima aspek perkernbangan. Tidak ada salahnya dikembangkan strategi pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan membaca anak dengan media dan tehnik yang sesuai dengan karakteristik anak, yaitu media buku “membaca itu mengasyikan” Rumusan masalahnya adalah bagaimana implementasi buku "Membaca itu mengasyikkan" sebagai media dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini TK Plus Al Burhan. Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi buku "Membaca itu mengasyikkan". Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi buku "Membaca itu mengasyikkan" sebagai media dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini TK Plus Al Burhan dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi buku 'Membaca itu mengasyikkan". Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah untuk penelitian lebih lanjut mengenai btlku 'Membaca itu mengasyikkan" sebagai media pembelajaran membaca anak usia dini Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research), sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Guru dan Anak Didik yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan Buku "Membaca itu mengasyikkan" dan sumber data sekundernya adalah Kepala Sekolah dan bukubuku referensi kepustakaan yang berkaitan dengan kemampuan membaca pada anak usia dini Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitiannya adalah implementasi buku 'Membaca itu mengasyikkan" mempunyai lima langkah penting yaitu: pertama; menyediakan waktu khusus, kedua; tehnik klasikal, ketiga; tehnik individual, keempat; menyediakan sarana bermain yang edukatif dan kelima; penilaian. Peningkatan kemampuan membaca anak usia dini TK Plus Al Burhan dinilai maksimal, sebagian besar anak didik TK Plus Al Burhan sudah bisa membaca dengan lancar. Adapun faktor pendukung implementasi buku "Membaca itu mengasyikkan" adalah : (l) Guru, (2) Media/ Alat permainan, (3) Orang tua, (4) Lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah : (l) Menuntut kemampuan intelegensi yang cukup tinggi, (2) Memerlukan media, sarana dan sumber yang banyak dan bervariasi, (3) Memerlukan jenis kurikulum yang terbuka untuk pengembangannya, (4) Sistem penilian dan pengukuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Belajar Membaca, Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:39
Last Modified: 17 Jul 2023 03:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3330

Actions (login required)

View Item View Item