Ruhanah, Ruhanah (2014) Upaya meningkatkan kemampuan berbahasa indonesia pada anak didik kelompok A Di TK Muslimat NU Silirejo Tirto Pekalongan melalui metode pemberian tugas. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Other (Thesis)
2021210213 NAILIN MUNAYA BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT (Done).PDF Download (12MB) |
|
Other (Thesis)
2021210213 NAILIN MUNAYA BAB I - V DAN LAMP .PDF Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Anak merupakan manusia secara keseluruhan yang semua aspek perkembangannya perlu difasilitasi pendidik sehingga mencapai tingkat perkembangan yang optimal. Dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia pada anak didik, peran pendidik sangat mendominasi terutama di lingkungan sekolah. Banyak metode yang dapat digunakan dalam merangsang kreatifitas bahasa anak dan dalam menggerakkan rasa ingin tahu anak. Namun perlu metode yang tepat dan bervariasi dalam mengembangkan bahasa anak terutama berbahasa Indonesia, karena bahasa Indonesia merupakan bahasa sehari hari yang digunakan sebagai bahasa pengantar yang digunakan di sekolah. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah apakah metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia anak didik kelompok A di TK Muslimat NU Silirejo Tirto Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak didik kelompok A di TK Muslimat NU Silirejo Tirto Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini antar lain secara teoritis hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dibidang pendidikan, khususnya yang berhubungan dengan pendidikan bahasa Indonesia bagi anak didik, dan secara praktis hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan input atau pedoman bagi guru dan orang tua. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian yang dilakukan di kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan menggunakan analisis deskrptif yaitu dengan cara mendeskripsikan dan meninterpretasikan pelaksanaan kegiatan pemberian tugas dalam meningkatkan bahasa Indonesia anak didik di dalam kelas yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu bahwa pemberian tugas yang diberikan dalam meningkatkan bahasa Indonesia anak didik di TK Muslimat NU Silirejo Tirto Pekalongan yang menyangkut perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun, yaitu anak mampu berkomunikmsi dengan orang lain secara baik, dengan bantuan media atau fasilitas yang disediakan. Dengan pemberian tugas membaca gambar yang memiliki kata dapat membantu anak dalam mengenal simbol keaksaraan dan mengenal kata-kata bam, pemberian tugas bercerita dengan gambar membantu anak dalam menuangkan ide dan anak aktif walaupun dengan cerita yang berbeda-beda dengan gambar yang sama, bermain peran dengan telepon, anak merasa senang dan antusias dalam mempcragakan tugas tersebut dan kegiatan ini berhasil menciptakan kegiatan yang hidup. Pemberian tugas yang berbeda dan variatif dapat memberikan motivasi tersendiri bagi anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berbahasa Indonesia, Metode Pemberian Tugas | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2023 03:52 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2023 03:52 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3332 |
Actions (login required)
View Item |