Hanifatuzzuhriyah, Hanifatuzzuhriyah (2014) Korelasi antara pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah dengan kedisiplinan peserta didik di MA YIC Bandar Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Other (Thesis)
2021210220 HANIFATUZZUHRIYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (19MB) |
|
Other (Thesis)
2021210220 HANIFATUZZUHRIYAH BAB I, V _ LAMPIRAN_1 (Done).PDF Download (8MB) |
Abstract
Peserta didik di MA YIC Bandar Batang banyak yang melakukan pelanggaran disiplin, diantamnya terlambat masuk kelas, pakaian seragam tidak rapi, bawah baju tidak dimasukkan kedalam celana bagian atas, tidak menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) atau tugas dari guru, tidak mencatat dan tidak memiliki diktat, mengobrol, bercengkrama bahkan tidur dalam kelas ketika jam pelajaran, tidak mengembalikan buku-buku yang dipinjam dari perpustakan sekolah dan lain sebagainya. Hal ini pula yang menjadikan peserta didik berperilaku cuek dan sering melanggar tata tertib sekolah karena banyak yang belum tahu tata tertib sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah di MA YIC Bandar Batang? Bagaimanakah perilaku disiplin peserta didik di MA YIC Bandar Batang? Bagaimana korelasi antara pernahaman peserta didik tentang tata tertib Sekolah dengan kedisiplinan peserta didik di MA YIC Bandar Batang?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pemahaman peserta didik tentang tata tellib sekolah di MA YIC Bandar Batang, untuk mendeskripsikan perilaku disiplin peserta didik di MA YIC Bandar Batang, untuk mendeskripsikan korelasi pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah dengan kedisiplinan peserta didik di MA YIC Bandar Batang. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah di MA YIC Bandar Batang adalah Sangat baik. Kedua, Perilaku disiplin peserta didik di MA YIC Bandar Batang adalah baik. Ketiga, Ada korelasi yang cukup signifikan antara pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah dengan kedisiplinan peserta didik di MA YIC Bandar Batang. Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa nilai r sebesar 0,547, dalam pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0,410— 0,700, sehingga antar variabel yang dikorelasikan terdapat korelasi positif yang cukup atau sedang. pada taraf kesalahan 5 %, r, sebesar 0,344 berarti Irh > r, . Sedangkan pada tingkat kesalahan r, sebesar 0,442 maka I rhl > r, . Jadi pada tingkat kesalahan 5 % dan I % memiliki interpretasi sama yakni antara pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah dengan kedisiplinan peserta didik di MA YIC Bandar Batang terdapat korelasi positif yang signifikan. Berdasarkan perhitungan dengan program SPSS versi 20 diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) yang ditunjukkan pada R Square yaitu 0,434 atau sebesar 43,4%. Berarti nilai korelasi antara pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah dengan kedisiplinan peserta didik di MA YIC Bandar Batang sebesar Sedangkan sisanya sebesar 56,6 % dipengaruhi variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Peserta Didik, Tata Tertib Sekolah, Kedisiplinan, Pelanggaran | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:13 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:13 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3334 |
Actions (login required)
View Item |