Upaya Peningkatan Kemandirian Anak Dengan Menggunakan Kegiatan Outbound Di RAM NU Masyithoh 14 Duwet Pada Kelas A Tahun Pelajaran 2014/2015

Mistiatun, Mistiatun (2015) Upaya Peningkatan Kemandirian Anak Dengan Menggunakan Kegiatan Outbound Di RAM NU Masyithoh 14 Duwet Pada Kelas A Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311145 MISTIATUN BAB I, V, LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Other (Thesis)
2021311145 MISTIATUN BAB I - V, FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Outbound adalah sebuah proses dimana seseorang mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilainya langsung dari pengalaman memunculkan sikap-sikap saling mendukung, komitmen, rasa puas dan memikirkan masa yang akan datang yang sekarang tidak diperoleh melalui metode belajar yang lain. Kemandirian adalah kemampuan seseorang yang terbentuk dari pengalaman-pengalaman yang ada melalui proses belajar untuk tidak bergantung pada orang lain, mempunyai rasa percaya diri, mampu mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang telah dilakukamiya Rumusan masalah pada penelitian ini adalah "Apakah dengan kegiatan outbound dapat meningkatkan kemandirian anak pada Kelompok A RAM NU Masyithoh 14 Duwet? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan kegiatan outbound dapat meningkatkan kemandirian anak pada kelompok A RAM NU Masyithoh 14 Duwet. Dalam Penelitian ini peneliti mengambil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan kegiatan outbound dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian anak pada kelompok A di RAM NU Masyithoh 14 Duwet Kota Pekalongan. Penelitian ini dilaksanakan di RAM NU Masyithoh 14 Duwet Kota Pekalongan kelompok A semester II tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 16 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan kegiatan outbound suasana pembelajaran menjadi hidup dan anak ikut terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh keceriaan siswa dalam mengikuti pembelajaran, keberanian anak mengikuti permainan dalam pembelajaran, dan keaktifan anak. Penelitian ini clilaksanakan dalam tiga tahap yaitu : prasiklus, siklus I, dan siklus II. Frekuensi nilai kemandirian pada prasiklus adalah anak yang berkembang sangat baik tidak ada, pada siklus I meningkat menjacli 1 anak atau 6,25% dan pada siklus 11 meningkat lagi menjadi 6 anak atau 3 7,5%, anak yang berkembang sesuai harapan berjumlah 3 anak atau 18,75% meningkat pada siklus I menjadi 25 % atau 4 anak clan pada siklus II meningkat lagi menjadi 9 anak atau 56,25%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa metode outbound dapat meningkatkan kemandirian anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Outbound dan Kemandirian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:10
Last Modified: 17 Jul 2023 07:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3343

Actions (login required)

View Item View Item