Husnayati, Robiatul (2016) Implementasi Pendidikan Akhlak di SD Salafiyah Fityatul Huda Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021111185 ROBIATUL HUSNAYATI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (29MB) |
|
Text
2021111185 ROBIATUL HUSNAYATI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (19MB) |
Abstract
Pendidikan adalah proses pengubahan sikap, tata laku seseorang atau kelompok orang dalam mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara dan perbuatan mendidik. Sedangkan akhlak adalah perbuatan yang bersumber dari diri manusia yang selalu dilakukan, itulah yang disebut akhlak, karena perbuatan tersebut bersumber dari kejadiannya. Jadi pendidikan akhlak adalah suatu proses menumbuhkembangkan fitrah manusia dengan dasar-dasar akhlak, keutamaan perangai dan tabiat yang diharapkan, dimilik dan diterapkan pada diri manusia serta menjadi adat kebiasaan. Kondisi lingkungan sangat mempengaruhi dari perilaku manusia terlebih lagi tentang akhlak, karena akhlak merupakan cerminan dari perilaku manusia dan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Oleh karena itu akhlak perlu dibina sejak dini sehingga akan menghasilkan perilaku akhlakul karimah. SD Salafiyah Fityatul Huda Pekalongan sangat memperhatikan akhlak dari peserta didiknya yaitu dengan cara memberikan materi pendidikan akhlak baik dalam pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Permasalahan dan Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan akhlak, apa saja faktor yang mendukung dan menghambat implementasi pendidikan akhlak, tujuan pendidikan akhlak dan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan akhlak di SD Salafiyah Fityatul Huda Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitiannya yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang penulis lakukan menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: (1) strategi yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan akhlak di SD Salafiyah Fityatul Huda Pekalongan antara lain melalui pembiasaa, melalui keteladanan dari semua guru dan karyawan, dan melalui kerjasama antara guru dan orang tua wali murid. (2) Materi yang diberikan dalam pelaksanaan pendidikan akhlak yaitu melalui materi yang diberikan di dalam kelas dan materi di luar kelas. (3) Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan akhlak di SD Salafiyah Fityatul Huda Pekalongan antara lain metode ceramah, metode tanya jawab, metode keteladanan, metode nasihat, metode pembiasaan dan metode pemberian hukuman atau hadiah. (4) faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan akhlak di SD Salafiyah Fityatul Huda Pekalongan antara lain kualifikasi pendidikan guru, motivasi dan dukungan dar orang tua, fasilitas yang mencukupi. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan akhlak di SD Salafiyah Fityatul Huda Pekalongan antara lain latar belakang peserta didik yang kurang mendukung, lingkungan masyarakat (Pergaulan), kurangnya perhatian orang tua ketika di rumah dan perbedaan karakter antara peserta didik dari suku jawa dan arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak, Akhlaqul Karimah, Implementasi | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 03:48 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2023 03:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3361 |
Actions (login required)
View Item |