Analisis SWOT (strenght, weaknesses, opportunity, threaths) dalam pengembangan produk simpan pinjam menuju sejahtera pluss(SMESS) di KJKS BMT Istiqlal Pekalongan

Putri, Dina Permatasari (2015) Analisis SWOT (strenght, weaknesses, opportunity, threaths) dalam pengembangan produk simpan pinjam menuju sejahtera pluss(SMESS) di KJKS BMT Istiqlal Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2012111070 DINA PERMATASARI PUTRI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Text (Thesis)
2012111070 DINA PERMATASARI PUTRI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) merupakan balai usaha mandiri terpadu yang isinya berintikan lembaga bait al-mal wa at-tamwil, yakni lembaga usaha masyarakat yang mengembangkan aspek-aspek produksi dan investasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan ekonomi dalam skala kecil dan menengah. Koperasi Jasa Keuangan Syariah selalu berusaha untuk mengembangkan usahanya, seperti halnya produk-produk yang mereka miliki. Agar produk yang dijual laku dipasaran, maka penciptaan produk haruslah memperhatikan tingkat kualitas yang diinginkan nasabahnya. Dalam hal ini BMT akan dihadapkan oleh berbagai pengaruh, baik pengaruh yang dapat menguntungkan maupun yang merugikan. Dalam rangka menyusun strategi tersebut, BMT harus melakukan pendekatan berdasarkan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah indintifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis SWOT produk SMESS dan bagaimana penerapannya dalam pengembangan produk SMESS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer berupa interview dengan bagian pemasaran Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT Istiqlal Pekalongan, dan data sekunder berupa penelitian terdahulu serta sumber-sumber lain yang terkait. Teknik pengumpulan datanya dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di dapat bahwa Penerapan analisis SWOT terhadap pengembangan produk SMESS diterapkan dengan melihat matrik SWOT produk SMESS. Berdasarkan pendekatan analisis SWOT produk SMESS, BMT Istiqlal mengambil keputusan memasarkan produk SMESS dengan cara meningkatkan pengembangan produk SMESS. Adapun langkah-langkah yang dilakukan yaitu dengan menambah atau mengurangi angsuran tiap bulannya sesuai pangsa pasar, selalu memonitoring setiap bulannya dan meningkatkan service excellent, menambah undian setiap bulannya dan meningkatkan loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, penegmbangan Produk, Produk SMESS, dan KJKS BMT Istiqlal Pekalongan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:39
Last Modified: 18 Jul 2023 04:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3370

Actions (login required)

View Item View Item