Upaya guru dalam menanamkan akhlak islami peserta didik di TK Muslimat NU Paanjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang

Amalia, Ikani Indri (2015) Upaya guru dalam menanamkan akhlak islami peserta didik di TK Muslimat NU Paanjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211034 IKANI INDRI AMALIA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img] Other (Thesis)
2021211034 IKANI INDRI AMALIA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pentingnya pendidikan anak usia dini juga dibentuk untuk menjadikan peserta didik mempunyai akhlak yang baik. Pendidikan akhlak memang hanıs diterapkan kepada peserta didik sedini mungkin. Pendidikan akhlak diterapkan untuk membiasakan sikap atau perilaku peserta didik agar sesuai dengan norma keagamaan, Akhlak sendiri memiliki pengertian yaitu kata akh[ak berasala dari bahasa arab, yaitu budi pekerti, perangai, tingkah laku, tata krama, sopan şantun, adab, dan tindakan, Kata akhlak juga berasal dari kata ”khalaqa" yang artinya kejadian, serta erat hubungannya dengan ”khaliq” yang artinya menciptakan, tindakan atau perbuatan, Rumusan masalah pada penelitian Ini adalah Bagaimana upaya guru dalam menanamkan akhlak Islami peserta didik di TK Muslimat NU Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam menanamkan akhlak Islami peserta didik di TK Muslimat NU Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang ? Tujuan peneiitian Ini adalah Untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan akhlak Islami peserta didik di TK Muslimat NU Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang.Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam menanamkan akhlak Islami peserta didik di TK mulimat NU Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Jenis pene[itian Ini menggunakan studi lapangan (field research, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Sedangkan unluk metode pengumpulan datadalarn penelitian ini adalah interview, dokumentasi dan wawancara. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatifdengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian Ini menunjukkan bahwa pertama, tıpaya guru dalam menanamkan akhlak Islami peserta didik memberikan materi-materi yang bersifat mendidik seperti menceritakan kisah-kisah nabi dan rasul, bcrnyanyi lagu-lagu keagamaan, bersyair tentang Islam, dan praktck (Ibadah, wudhu, dan doa harian), selain Itü membaca asınaul husna dan surat-surat pendek juga salah satu upaya guru dalam menanamkan akhlak Islami peserta didik Kedua, tâklor yang mendukung sepcrti kelersediaannya bükü RKM, huku panduan, adanya dukungan dari semua pihak baik guru, dan orang tua serta lingkungan dan faklor penghambatnya adalah sepcrti kurang sosialisasinya dari Kemcnag untuk ıncnyampaikan matcri, kurangnya minat dari peserla didik, malas dan sibuk dengan dunia anak sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Akhlak Islami
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:33
Last Modified: 20 Jul 2023 04:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3398

Actions (login required)

View Item View Item