Chakim, Shodiq Luthfi (2016) Peran tradisi tadarusan dalam menumbuhkan motivasi siswa cinta Al-Qur'an Di SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
202109020 SHODIQ LUTFI CHAKIM BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (10MB) |
|
Text (Thesis)
202109020 SHODIQ LUTFI CHAKIM BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Sekolah Dasar (SD) adalah pendidikan tingkat awal (dasar) yang berisikan anak-anak diusia antara 6-12 tahun. Pendidikan pada perkembangan anak tingkat awal atau dasar, pada masa ini menjadi sangat penting, dikarenakan akan menjadi modal awal dalam tingkat seterusnya. Oleh karena itu kegiatan pelaksanaan program di SD juga harus memperhatikan semua aspek, baik kecerdasan otak, kepribadian dan kreativitasnya. Dengan kegiatan tradisi tadarusan menjadi jembatan pada aspek-aspek tersebut walaupun belum secara maksimal, tetapi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam kecerdasan otak, dasar kepribadian yang baik dan kreativitas dalam membaca al-Qur'an. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengangkat tema peran tradisi tadarusan dalam menumbuhkan motivasi siswa cinta Al-Qur'an Rumusan masalah dalam penelitian ini ada tiga, yaitu: (1) Bagaimana tradisi tadarusan Siswa SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan? (2) Bagaimana cinta siswa SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan kepada Al-Qur'an? (3) Bagaimana peran tradisi tadarusan dalam menumbuhkan motivasi siswa SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah bagi guru, semoga menjadi masukan dalam upaya peningkatan proses kegiatan pembelajaran khusunya pelajaran agama islam salah satunya dengan tadarus Al-Qur'an. Metodologi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisa deskriptif kualitatif. Penulis mendeskripsikan secara mendalam hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan tanpa melibatkan angka angka. Hasil penelitian ini adalah: Tradisi tadarusan Al-qur'an di SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Pekalongan dilaksanakan setiap pagi pukul 06.45-07.30 WIB atau 45 menit sebelum proses kegiatan pembelajaran dimulai dengan cara setiap kelas terdapat satu guru pembimbing tadarusan dan seluruh siswa membaca al-qur'an secara bersama-sama mengikuti guru pembimbing. Dan Kecintaan siswa SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Pekalongan terhadap Al Qur'an sangat baik, Hal ini dibuktikan dengan intensitas keikutsertaan siswa dalam Kegiatan tadarusan yang dilaksanakan setiap pagi dan melibatkan seluruh peserta didik di SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Pekalongan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran, Tradisi, Motivasi, Cinta, Tadarusan Al-Qur'an. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2023 03:46 | ||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2023 03:46 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3417 |
Actions (login required)
View Item |