Badriyah, Badriyah (2014) Pola pembelajaran metode bercerita dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak (studi kasus di RA Muslimat Desa Wuled Tirto Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
202109292 BADRIYAH BAB I, V DAN LAMP.PDF Download (5MB) |
|
Text (Thesis)
202109292 BADRIYAH FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Agar dapat mewuiudkan tujuan pendidikan berupa tertanamnya nilai-nilai kejujuran bagi para peserta didik, maka salah satu yang dapat dilakukan oleh guru selaku pendidik adalah dengan menerapkan metode dalam pola pembelajaran Metode Bercerita dalam Menanamkan Nilai-nilai Kejujuran pada Anak ,tapi juga sebagai pengarah dan pemberi fasilitas dan motivasi agar proses belajar mengajar dapat berlangsung secara baik dan efektif serta tercapainya target-target atau indikasi keberhasilaan dalam kegiataa pembelajaraa tersebut. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulis skripsi ini adalah; (1) Bagaimana pola pembelajaran dengan metode bercerita dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran bagi anak didik di RA Mus1imat Desa Wuled Tirto Pekalongan? (2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pola pembelajaran dengan metode bercerita dalam 1enanamkan nilai-nilai kejujuran bagi anak didik di RA Muslimat Desa Wuled Tirto Pekalongan. Adapun jenis penelitian dari penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan. Di mana penelitian yang digunakan adalah kancah kehidupan yang sebenarnya. Sedangkan pendekatannya dengan kualitatif menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggaaasan analisis kualitatif dengan melakukan analisis kesimpulan dari observasi dan wawancara. pembelajaran dengan metode bercerita dalam menangani nilai-nilai kejujuran bagi anak didik di RA Muslimat Desa Wuted Tirto Pekalongan dilakukan dengan mengembangkan tema-tema yang menjadi materi dalam kegiatan pembelajaran yang sedang dilaksanakan. Setiap guru yang mengembangkan pembelajaran dengan metode bercerita tersebut harus mampu mengetahui perkembangan psikologis dan tingkat kemampuan anak didik dalam menyerap pesan-pesan yang diulas dalam cerita tersebut. Faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaa pembelajaran-Pembelajaran Metode Bercerita dalam Menanamkan Nilai-nilai Kejujuran pada Anak antara lain: (1) Kesiapan guru dalam melakukan persiapan-persiapan dalam melakukan strategi pembelajaran, (2) Suasana pembelajaran yang mampu diciptakaa dengan sebailiknya, (3). Pengembangaan manajemen yang diterapkan oleh Kepala RA dalam mengatur jadwal pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pola Pembelajaran Metode Bercerita, Menanamkan Nilai-nilai Kejujuran pada Anak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 03:55 | ||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 03:55 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3483 |
Actions (login required)
View Item |